Mancing Ikan Bulldozer, Seru dan Mantafb Tarikannya

Mungkin terlalu berlebihan saya menyebut ikan ini dengan sebutan ikan Bulldozer, saya menyebutnya demikian sebenarnya karena ketidaktahuan saya dengan nama asli ikan tersebut, kebetulan juga ketika ikan ini ditanyain namanya dia tidak menjawab :D maka saya dan kedua teman memancing saya latah saja menamai ikan tersebut dengan sebutan ikan bulldozer. Ada sebagian orang setempat yang menyebutnya ikan Mujaer Batu, tapi ketika saya googling sama sekali tidak ada kemiripan dengan ikan mujaer batu.

Masih penasaran dengan jenis ikan ini akhirnya saya buka wikipedia, setelah searching beberapa kali akhirnya saya menemukan jenis ikan yang mirip. Dari bentuk badan dan mulut sepertinya ada kemiripan dengan ikan LARGEMOUTH BASS (Micropterus salmoides) spesies dari jenis BLACK BASS. Hanya saja bentuk dan warna sisik ikan Bulldozer saya ini lebih terang.

Abaikan sajalah nama aslinya :D :D sebut saja Ikan Bulldozer, Ikan jenis Predator ini saya temukan di danau bekas galian pasir di Daerah Bojong Klapanunggal Cileungsi, sebenarnya sudah lama ikan jenis ini sering menyambar kail pancingku ketika mancing siang atau malam hari, tapi baru kali ini saya baru sempat numpang nyimpen gambar dan tulisan di blog ini.

Ikan Predator jenis ini lebih aktif di malam hari, untuk umpan yang biasa saya gunakan untuk berburu ikan ini, saya biasa menggunakan ikan mas kecil-kecil atau ikan wader/benteur, bisa hidup atau mati. Untuk bentuk pancingan sama seperti mancing ikan gabus bego, yakni pemberat di bawah dengan dua atau tiga mata pancing di atas.

Jika menggunakan umpan ikan wader/benteur mati, sebaiknya ikan wader dipotong menjadi dua bagian, hal ini bertujuan agar aroma amis ikan wader lebih tajam, sehingga ikan predator akan dengan mudah mendeteksi umpan.

Ikan ini berenang dan bersembunyi mengintai mangsa dari sela-sela rerimbunan ganggang, atau eceng atau kangkung. Sambaran ikan ini sangat cepat dan kuat, jika joran tidak diletakan dengan baik ada kemungkinan joran bisa dibawa berenang oleh ikan ini. Pernah juga waktu mancing malam hari, joran pancing dan tegek hilang di bawa kabur ikan ini.

Agak susah lagi ketika ikan ini menyambar umpan dan membawanya ke dalam gerombolan ganggang, tarikan jadi tambah berat karena banyak ganggang yang ikut tersangkut.

Harus hati-hati menariknya karena jika senar ditarik terlalu kuat, kadang tidak hanya ganggangnya saja yang lepas tapi ikannya juga terkadang ikut terlepas, lebih baik ditarik agak kencang, kemudian dikendorkan lagi, begitu seterusnya sambil nunggu ikan berontak dan lari keluar dari gerombolan ganggang ketempat terbuka.

Untuk yang suka memancing pasti bisa membayangkan bagaimana rasanya strike ikan sebesar telapak tangan orang dewasa dengan jarak senar kurang lebih 25 meter, ikan mengamuk ke kanan dan ke kiri. Emejing :D :D

Betewe ni dia penampakan ikan bulldozer

Salam Kicau Mancing

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...