Tuesday, January 24, 2012

Teknik Mancing Gabus Bego

Sapa si yang ga tau yang namanya mancing... asik deh pokoknya walopun sebenernya kita lagi ngibulin ikan, Pura-pura baik ngasih makan ikan padahal cuma boong. giliran dimakan tnyata ada ranjaunya.. malang bener ya jadi ikan.. haha.. ngomongin masalah mancing ane punya crita seru ni kebetulan ane demen banget sama yang namanya mancing, boleh dibilang maniaklah soalnya ga tau musim.. panas ujan no problemo walopun abis ujan ujanan trus tensinya turun tapi no kapok (kecuali kalo yg di rumah dah komplen bisa off dululah hehe)
Untuk teknik memancingnya ane gag gitu dong, yang ane tau cuma popping, glosor ma mancing sarang doang maklumlah jam terbangnya cuma di danau.. Untuk ikannya pun ga sevariatif kalo kita mancing di laut, kalo di danau paling cuma mujair, nila, patin, red devil, gabus, beboso/ gabus bego/ boso budeg, pare, tawes, lobster air tawar, de elel... tapi yang paling seru menurut ane ntu mancing beboso/gabus bego, Mantefb bener dah betotannya walopun perlawanannya ga lama karna kalo dah kecapean ikan cuma mangap pasrah, tapi beda kalo dapet yg ukuran jumbo mantefb bener betotannya, apalagi kalo dah nyampe permukaan trus kena cahaya senter dijamin langsung ngamuk, kalo gag siap serokan pasti bisa lolos... kalo pengin dapet yang ukuran besar mancingnya malem hari,, untuk umpan biasa pake udang kali diklocop kulitnya, kadang pake ikan paray (wader pari=jawa) / ikan2 kecil hidup, satu joran bisa dipasang 2 atau 3 mata kail dengan posisi pemberat di bawah tapi usahakan jarak pemberat dan pancing yg paling bawah jangan terlalu jauh, untuk jarak pancing kedua dan ketiga diatasnya menyesuaikan aja yg penting saat dilempar gag saling mbundet, untuk berburu beboso/gabus bego/gabus males paling pas kayaknya sore hari antara jam 17.00 mpe jam 22.00an, lempar jauh ke tengah trus tarik pelan pelan mpe ada yang nyamber karna ikan ini hobinya diem ditempat..

kalo gada yg nyamber bisa diulangi mpe beberapa kali, kalo ga ada terus yang nyamber padahal spot dah bener brati lg apes.. hehe.. boleh pindah spot.. ato tetep tongkrongin ato ditinggal gerilya bawa senter muterin dano sambil nunggu pancing disamber, karna biasanya malem hari ikan ini pada nongol dipinggiran dano, tapi yg nongol biasanya cuma ukuran kecil paling gede seukuran jempol kaki orang dewasa..

Ni lho yang namanya ikan gabus males/beboso... maap HP jadul potonya malem2 jd gambarnya kurang jelas... cekidot!!






Kalo yang ini ikan Paray, yang biasa ane pake buat umpan mancing beboso/gabus males, untuk teknik menangkapnya bisa pake pancing garong, ato diserok tapi sebelumnya bom dulu pake dedak/pelet/kacang sukro, saat ngrubutin bom baru kita serok..



ni yang udah mateng.. hehe.. kalo kelebihan umpan boleh kok dibawa pulang trus digoreng.. hmm yummy...


Ni lobster air tawarnya, umpan pake cacing, pancing gag harus pake pancing yg khusus buat udang, pake pancing biasa juga bisa yang penting jangan terlalu besar, bom dulu dipinggiran biar pada minggir pake pelet pakan ikan lele yang di seduh tapi jangan terlalu lembek...