Anda Tau Wader Chrispy? Begini Cara Membuatnya

Beberapa tahun belakangan ini Ikan Wader/Benteur sepertinya sudah mulai populer di kalangan masyarakat, walaupun tidak sepopuler Ikan Lele maupun Gurameh yang selalu tersedia di pasar maupun swalayan. Namun sekarang, Ikan wader sepertinya sudah mulai viral di Internet :D, sudah semakin banyak di jual secara online dalam bentuk wader Chrispy dengan berbagai variant rasa :)

Dulu sewaktu saya kecil, di sungai maupun di parit-parit sawah, Ikan jenis ini sangat melimpah jumlahnya. Tidak pernah bosan walaupun hampir setiap hari mengkonsumsi ikan jenis ini sebagai lauk. Agar olahan ikan ini bertahan agak lama, ibu saya mengolahnya dengan di goreng kering maupun di goreng tepung kemudian menyimpannya di dalam toples.

Melalui tulisan ini saya akan mencoba menyampaikan bagaimana caranya membuat wader Chrispy. Wader Chrispy merupakan makanan renyah dan gurih berbahan dasar ikan wader/benteur dengan dicampur bumbu dan tepung. Sangat cocok sebagai teman nasi anget sedikit lembek, atau juga camilan ketika ngoborol maupun ketika santai.

Wader Chrispy yang dibuat akan terasa lebih

Apakah Memancing Itu Termasuk Olahraga, lalu Dimana Letak Olahraganya?

Sepertinya masih banyak yang pro dan kontra tentang Memancing itu disebut Olahraga atau bukan. Ada yang setuju dan ada juga yang tidak setuju jika memancing itu disebut atau termasuk dalam kategori Olahraga. Ada yang berpendapat bahwa memancing itu hanya sekedar duduk dan menunggu umpan dimakan ikan, ada juga yang mengatakan kalau memancing itu bukan jenis olahraga karena tidak memerlukan energi, hanya memerlukan waktu saja, jadi lebih tepat dikatakan bahwa memancing adalah suatu bentuk refreshing. Ada juga yang mengatakan memancing itu bukan olahraga tetapi lebih kepada hobi.

Tulisan ini saya tujukan kepada Dia yang menganggap bahwa memancing itu bukan olahraga, dan menanyakan dimana letak olahraganya..

Biasanya Olahraga itu kan identik dengan keringat, memerlukan tenaga dan juga peran otak untuk melakukannya. Kalau begitu sudah jelas dong bahwa memancing itu adalah termasuk Olahraga. Kenapa? karena memancing juga memerlukan peran otak, memerlukan banyak energy, dan berkeringat :D

Apalagi yang menjadi bukti bahwa Memancing itu termasuk olahraga?

Sepertinya hampir semua cabang olahraga ada ketika kita memancing. Gak percaya? Coba teruskan membaca..

Mancing Ikan Bulldozer, Seru dan Mantafb Sekali Tarikannya

Mungkin terlalu berlebihan saya menyebut ikan ini dengan sebutan ikan Bulldozer, saya menyebutnya demikian sebenarnya karena ketidaktahuan saya dengan nama asli ikan tersebut, kebetulan juga ketika ikan ini ditanyain namanya dia tidak menjawab :D maka saya dan kedua teman memancing saya latah saja menamai ikan tersebut dengan sebutan ikan bulldozer. Ada sebagian orang setempat yang menyebutnya ikan Mujaer Batu, tapi ketika saya googling sama sekali tidak ada kemiripan dengan ikan mujaer batu.

Masih penasaran dengan jenis ikan ini akhirnya saya buka wikipedia, setelah searching beberapa kali akhirnya saya menemukan jenis ikan yang mirip. Dari bentuk badan dan mulut sepertinya ada kemiripan dengan ikan LARGEMOUTH BASS (Micropterus salmoides) spesies dari jenis BLACK BASS. Hanya saja bentuk dan warna sisik ikan Bulldozer saya ini lebih terang.

Abaikan sajalah nama aslinya :D :D sebut saja Ikan Bulldozer, Ikan jenis Predator ini saya temukan di

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang - Kisah Asmara Cerucuk dan Kepudang

Minggu pagi ketika udara sudah mulai hangat, tampak empat ekor burung saling diam di dalam sangkarnya masing-masing, tak ada suara dan tak ada percakapan diantara mereka, mereka sepertinya sedang asyik melamun merenungi nasibnya di balik jeruji kandang sambil merasakan kandangnya bergelanyut di kawat cantol di sebuah pohon ceri, kecuali si Suren yang dari sejak digantang sibuk nyari ulat hongkong yang jatuh disela-sela Eenya di dasar kandang.

Keheningan tiba tiba buyar ketika datang warga baru di sebuah kandang jati ukir yang digantang disela-sela mereka. Seekor burung cantik, berbulu kuning langsat, bertubuh panjang, padat dan berisi.

“wow.. ini baru motor gede” celetuk kacer sambil pindah tangkringan atas merapat ke pinggir jeruji

“dulu juga ada bro.. jauh lebih cantik dari yang satu ini.. tapi sekarang entah pindah kemana” sahut Cerucuk sambil menatap kearah pendatang baru, tak bisa ditutup-tutupi, raut muka cerucuk tiba-tiba berubah tampak sendu seperti ingat masa lalu yang menyedihkan, ia alihkan dengan pura-pura mematuk buah pisang di kawat cantol di tepi kandang. Entah karena apa, ia salah mematuk-matuk bonggol buah pisang, sehingga tak ada secuilpun pisang di paruhnya, hal ini menyebabkan gelak tawa teman senasib dan seperjuangannya Kacer, Ijo, dan Suren.

“Hey semua... kenalin namaku Lina Kepudang” suara lembut yang seketika menghentikan gelak tawa mereka.

“emejing” suren menoleh dari dasar kandang yang kemudian

Binatang Hama ini Mampu mendongkrak Mental dan Stamina Burung Kicau

Orong-orong (Gryllotalpa sp) merupakan jenis serangga tanah yang memiliki ciri khas mempunyai sepasang tungkai depan yang bergerigi, tungkai ini berfungsi untuk menggali tanah atau untuk berenang. Disebut sebagai binatang hama karena binatang ini suka merusak dan memakan akar tanaman. Binatang ini banyak ditemui di area persawahan atau area pertanian di lahan yang gembur dan basah, di daerah perkotaan biasanya banyak ditemui di selokan, parit atau got.

Orong-orong ini juga sempat disebut-sebut dalam cerita masyarakat daerah. Dulu waktu kecil Ibuku pernah bercerita tentang hal ini. Dalam cerita tersebut diceritakan Sunan Kalijogo saat pendirian masjid di Demak, ketika Semua tiang masjid wali songo sudah berdiri, ada satu tiang yakni tiangnya Sunan Kalijogo yang belum berdiri, sementara kayu sudah habis. Kemudian Sunan Kalijogo mengumpulkan tatal kayu dengan menggunakan parang, untuk dijadikan tiang di salah satu masjid itu.

Di tengah-tengah megumpulkan tatal kayu tersebut, parangnya mengenai seekor orong-orong dan terputuslah kepala dari badannya. Kemudian Ia merasa bersalah dan memohon maaf kepada Allah, Ia mengambil badan dan kepala orong-orong tersebut lalu dia sambungkan kembali dengan serpihan kayu jati. Sehingga tersambung kembali leher dan badan orong-orong tersebut dan hidup kembali.

Saya tidak tahu apakah Sunan Kalijogo benar-benar melakukan hal tersebut, menyambung kepala dan badan orong-orong dengan serpihan kayu jati

Ada perbedaaan penyebutan atau penamaan di beberapa daerah,

Kacerku Semakin Tua Semakin "Menjadi"

Banyak penghobi burung yang menyatakan atau beranggapan bahwa burung Kacer itu semakin tua semakin menjadi, menurut saya anggapan seperti itu benar adanya, hal ini saya buktikan sendiri, karena saya kebetulan memelihara burung jenis ini sejak Februari 2007 dan sampai saat ini keadaannya masih sehat dan lincah. Setiap hari, pagi, siang sore dan malam selalu mengisi setiap sudut rumahku dengan kicauannya yang merdu dan terkadang memekakkan telinga. Februari 2018 esok genap 11 tahun menemani saya, jika dihitung dengan umur awal maka kurang lebih sudah berumur 13 tahun, umur yang cukup panjang untuk ukuran burung kicau.

Kembali lagi ke topic awal bahwa anggapan burung kacer semakin tua semakin menjadi, “Menjadi” dalam hal ini saya artikan karena kondisi burung yang walaupun sudah tua tetapi tetap mampu berkicau dengan lantang dan volume kicauannya tetap keras, doi juga mampu bertarung dengan baik, melawan setiap kacer yang di trak atau digantang bersamaan. Tidak berbeda dengan pendapat teman yang sering mengkonteskan kacer tuanya, katanya walaupun sudah uzur tapi tetap moncer dilapangan, tetap memiliki jiwa tarung yang diperhitungkan.

Burung Kacer Jabar yang saya adopsi februari 2007 ini, merupakan burung

Cara Memelihara Burung yang Baik Bagi Pemula

Memelihara burung memang menyenangkan khususnya bagi mereka yang hobi memelihara burung, walaupun setiap orang pasti punya tujuan masing-masing dalam memelihara burung, seperti memelihara burung hanya untuk klangenan atau untuk kicauan di rumah, untuk diperlombakan atau untuk dijual kembali. Setiap penghobi pasti memiliki cara masing-masing dalam memelihara burung yang baik. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah pemilihan burung dan perawatan harian burung.

Untuk Pemilihan burung, pilihlah jenis burung sesuai keinginan, apakah jenis burung pemakan serangga, pemakan daging, pemakan biji-bijian atau pemakan buah-buahan. Agar lebih menarik dan pandai berkicau pastikan berjenis kelamin jantan, walaupun ada beberapa jenis burung yang lebih cerewet atau pandai berkicau jika berjenis kelamin betina, seperti burung Cucak Jenggot.

Setelah menentukan pilihan jenis burung yang akan kita pelihara, selanjutnya adalah bagaimana cara kita merawat burung tersebut agar menjadi burung yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Saya akan mencoba merangkum berdasarkan pengalaman saya, mohon maaf apabila ada yang salah. Berikut hal-hal yang perlu kita lakukan setelah mendapatkan jenis burung yang akan kita pelihara versi ndobolpos :

1. MEMBELI KANDANG

Untuk yang satu ini wajib dilakukan :D... Bisa beli kandang dahulu baru beli burung, atau beli secara bersamaan.. yang penting jangan beli burung dulu baru sampai rumah bingung belum ada kandang :D .. pilih ukuran kandang sesuai dengan keinginan dan kondisi/jenis burung, sesuaikan agar tidak kebesaran atau kekecilan agar burung leluasa bergerak. Setelah mendapatkan kandang yang sesuai, selanjutnya adalah memilih interior /kelengkapan di dalam kandang.

Interior dalam kandang berupa Tangkringan, Cepuk atau wadah untuk voer/ makanan dan minuman burung, kawat cantol untuk buah, :

* TANGKRINGAN

Tangkringan untuk tempat bertengger dan beristirahat burung wajib ada di dalam sangkar.. #ya iyalah semua orang juga udah pada tau :D .. apa jadinya kalo memelihara burung ga ada tangkringannya :D .. Umumnya tangkringan yang digunakan terbuat dari

Anda Tau Wader Chrispy? Begini Cara Membuatnya

Beberapa tahun belakangan ini Ikan Wader/Benteur sepertinya sudah mulai populer di kalangan masyarakat, walaupun tidak sepopuler Ikan Lel...