Manfaat Kerodong Untuk Burung Kita

Kenapa Kandang burung harus dikrodong? Apakah burung klangenan untuk rumahan juga perlu dikrodong? Sebuah pertanyaan sederhana namun sebenernya banyak alasan yang harus dijelaskan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Kalo menurut hemat saya sebenarnya kandang burung itu tidak perlu dikerodong karena tidak ada gunanya, yang perlu dikerodong itu kandang yang berisi burung. Kerodong tak harus yang harganya mahal yang penting pas di kandang, motif atau polos tidak pengaruh yang penting enak dilihat, terbuat dari bahan yang nyaman untuk burung, kain katun lebih disarankan. Sebenernya belum lama juga saya memakaikan kerodong untuk kandang yang berisi burung-burung momonganku, awalnya saya menganggap tidak penting. Tapi ketika mengalami kejadian manakala burung Kacer jagoanku malem-malem grubag-grubug dan ketika kutengok sudah nyekukruk lemas di dasar kandang (nyekukruk istilah orang Jawa untuk unggas dalam kondisi seperti sakit, diem dan bulu berdiri mengembang, entah apa bahasa Indonesianya hehe.. ) sebelum akhirnya mati setelah bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 2 hari. Pagi hari setelah kejadian tersebut ternyata di dasar kandang saya temukan kepala dan bulu tawon, kaki dan bulu kecoa.. sudah pasti burung kacerku makan hewan-hewan tersebut, yang membuatku penasaran apakah tawon dan kecoa bisa menyebabkan kacerku demikian. Saya berkesimpulan kalo kacerku memang mati gara-gara makan tawon atau mungkin serangga beracun.

Merasa kehilangan akhirnya saya adopsi lagi sebagai gantinya. Masih dalam kondisi belum dikerodong, Kacer baru saya gantangkan di tempat dimana kacerku yang pertama, yakni di ruang tamu deket lampu. Tapi ketika saya pelajari dan selidiki ternyata memang kalo malam hari terkadang ada kupu kecil, laron, jangkrik kecil, orong-orong, ngengat, tawon kecil, dan serangga aneh yang suka beterbangan di deket lampu, kemudian nemplok di jeruji kandang yang pada akhirnya dipatok dan dimakan kacer.. Oww.. ternyata seperti ini kehidupan malam di deket lampu, banyak didatangin pengunjung.

Mulai saat itu atas saran teman dan mbah google saya mulai memberlakukan kerodong untuk burung-burung momonganku. Manfaat Kerodong yang saya simpulkan selain membuat burung dalam kondisi nyaman dan aman kerodong juga bisa mencegah masuknya serangga berbahaya, serangan nyamuk, melindungi burung dari hembusan angin, Untuk burung yang sedang ganti bulu sangat disarankan selain agar rontokan bulunya tidak berterbangan.

Waktu pengkrodongan tidak ada patokan kapan baiknya, mau sepanjang hari, atau malem hari saja itu tergantung kita, walaupun jika dikerodong sepanjang hari tetap ada waktunya untuk buka kerodong, membiarkan jagoan kita menikmati udara segar dan pemandangan indah diluar kerodong..

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...