Semut itu "Menyebalkan" dan "Mengagumkan"

Tidak ada salahnya dan memang benar kalo Anda mengatakan bahwa semut itu memang menjengkelkan dan menyebalkan, apalagi kalo sudah masalah krubut mengkrubuti, entah itu yang dikrubuti makanan apa minuman.. pengin rasanya sentil satu-satu... tapi kalo boleh saya mengatakan semut itu sebenernya mahluk yang imut dan seksi lho .. (hehe sakit).. ga ah semut itu emang menjengkelkan ( maaf ni kalo ada sobat penggemar semut) saya mengatakan semut itu menjengkelkan karna sering dibuat kesel ama mahluk yang satu ini.

Kadang lagi asik-asik ngobrol tau-tau digigit, lagi asik rebahan tau-tau semut nyasar masuk telinga, yang bikin kesel lagi kalo semut ni dah pada berduyun-duyun dateng ngrubutin jangkrik apa kroto buat pakan burung... niatnya beli jangkrik banyak sekalian biar bisa mpe satu minggu tapi kadang belum sehari dah ludes dimbat semut.

Pernah juga dulu waktu masih SMP, lagi serius ikut upacara bendera, saking semangatnya jadi barisnya berebut paling depan.. karna kebetulan yang jadi petugas pengibar benderanya idola banget.. lagi asik-asik merhatiin idolaku tau tau cekoooooot... tiba-tiba pangkal paha digigit semut... pokoknya aneh banget rasanya waktu itu... pengin digaruk kok tempatnya disitu, di diemin tapi lama-lama risi, tambah sakit dan gatel.. mo keluar barisan tapi kok gengsi, masa baris depan ndiri tau-tau kabur, akhirnya walopun gelisah dan cekot-cekot gatel ditahan-tahanin mpe upacara kelar.

Sesuai ama judul yang saya tulis, disini saya juga akan bercerita ga cuma yang nyebelin aja dari semut tapi saya juga akan coba bercerita apa yang menurut saya mengagumkan dari semut.

Sebenernya ada berbagai macam jenis semut, saking banyaknya jenis-jenis semut, saya mpe ngga bisa nyebutin namanya satu per satu (maap ya mut..), Semut merupakan binatang kecil yang hidup berkoloni, satu koloni semut bisa sampe ribuan jumlahnya.. Ada yang suka nyarang di tanah, celah-celah tembok, tumpukan batu atau kayu, ada juga yang nyarang di pohon dan membuat sarangnya dengan merangkai beberapa daun menjadi satu, semut ini disebut rang-rang, warnanya merah, kalo menggigit rasanya mak nyos..

semut ini sering dimanfaatin telornya (disebut kroto) oleh penghobi burung kicauan karna kroto/telur semut rang-rang ini sangat baik untuk kesehatan burung, bikin burung jadi tambah gacor atau ceriwis, tapi jika kebanyakan atau terlalu sering memberikannya bisa mengakibatkan burung kegemukan.

jadi inget ni hari sabtu kemaren sepulang nguli iseng iseng nyari kroto, karna dilihat dipohon mangga ada dua sarang semut, akhirnya dengan berbekal peralatan sederhana saya rampok tuh telor-telornya... sebenernya kata simbah katanya kalo mo ambil kroto atau telur semut rang-rang harus permisi dulu, bisa diucapin japa mantra seperti ini " rang ngangkrang nderek langkung rang.. bade nyuwun ndog ipun sak kedik ke mawon"

Kalo dah kelar baca japa mantranya, boleh deh diobok obok tu sarang semutnya, katanya semut ga akan menyerang kita, semut akan diem merelakan telornya diambil. kemarin saya juga melakukan seperti itu, tapi sayang ternyata simbahku boong cuma nggedebus... mantranya tidak manjur.. hehe.. semut tetep pada berduyun duyun menyerbu, alhasil jingkrak-jingkrak, tapi lumayan juga dapet krotonya..

Ketika telor saya taruh di lembar koran di tempat panas, maksudnya biar semut rang-rangnya pada pergi, saya agak sedikit terkejut.. mata membelalak, lidah seakan kelu, mulutku ternganga-nganga sambil kedua tangan kuletakan di dagu... (lebay), sambil membersihkan telur rang-rang, tak sengaja saya liat ternyata ada beberapa semut rang-rang muda kecil seperti baru belajar berjalan, perlahan-lahan sambil terseok-seok menggondol telur dan membawanya pergi.. mungkin maksudnya mau menyelamatkan telur itu.. kok bisa ya.. naluri untuk saling melindungi begitu kuat tertanam... padahal masih kecil .. luar biasa... gimana cara ngajarinnya??

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...