Jalak Suren Peniru yang Oke

Awal ketertarikanku akan burung jenis ini adalah ketika jalan-jalan ke Magelang, waktu nongkrong di terminal nunggu keberangkatan bus yang mo ngantar adik ke Cilacap, telingaku terusik oleh suara kicauan yang begitu indah, tengok kanan tengok kiri, ternyata asal suara ada di depan salah satu kios minuman dan pulsa, tadinya gag nyangka kalo yang menyanyikan adalah seekor jalak suren, saya pikir jalak suren tidak bisa bernyanyi indah seperti itu, digantang dikeramaian tapi tetap aja nangkring anteng sambil riang bernyanyi seakan cuek dengan keadaan sekitar, karna penasaran dengan si suren akhirnya aku dekati sambil pura-pura mo beli pulsa ma rokok, mantafb bener kicoannya.. nyanyian kacer, ciblek, prenjak sesekali love bird dibawakannya dengan fasih, ada juga kiconya yang aduhai.. bener-bener peniru yang oke.

Karena penasaran akhirnya saya iseng-iseng nanya sama pemilik kios ternyata ni burung emang punyanya dan sudah dibandrol 1500K.. weh kok mahal.. jangan2 Cuma triknya saja ni biar gag dibeli, akhirnya telusur-telusur ni Suren mang dah dibandrol segitu.

Mungkin karna tadinya melihat aku mengamati si suren, ada seorang bapak-bapak petugas timer bus mendekat sambil nanya “mas, mo beli jalak suren? Kalo mau aku ada bakalan, murah mas cuma 500rb, kalo mau ayo ke rumah?” sebenernya pengin tapi takut repot membawanya di perjalanan, karna gag langsung balik ke Jakarta, harus mampir-mampir dulu kesana kesini, ahirnya dengan beberapa alasan saya tolak tawarannya.

Sampe dirumah Pakde saya langsung cerita ke Omku tentang si Suren yang menawan tadi, dan Omku membenarkan kalo Suren memang termasuk jenis burung yang cerdas, selain buat isian burung-burung jagoan lomba, ternyata malah bisa ikutan terisi dan fasih membawakan nyanyian burung yang tadinya mo dimaster.

Suren juga katanya bisa jadi penjaga rumah waktu malem hari, karena jalak suren peka terhadap situasi sekeliling, kalo ada gerak-gerik ato suara yang mencurigakan si Suren bisa langsung teriak-teriak, sehingga bisa ngebangunin pemiliknya.

Untuk ciri-ciri Jalak suren ato dalam bahasa latin disebut Sturnus contra, berukuran sedang sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam dan putih (setelah dewasa). Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut.

Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam, untuk yang masih muda bulu berwarna coklat agak kehitaman. Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu, kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga, paruh panjang lurus dan meruncing.

Seperti yang saya piara saat ini, burung ini waktu itu saya boyong ke rumah kondisi masih trotol/muda dan kebetulan jantan (warna bulunya coklat agak kehitam-hitaman), setelah saya piara beberapa bulan ahirnya mabung/ganti bulu, benar saja selang beberapa hari setelah mabung selesai ternyata sudah bisa membawakan suara kacer, Ciblek, parkit, kucing dan suara-suara aneh lain.

Untuk rawatan hariannya Voer TS hijau, makanan tambahan berupa Ulet Hongkon (4-5 ekor pagi atau sore hari), jangkrik (2 ekor pagi dan sore hari), kroto (tidak tentu, kadang satu minggu sekali), untuk menambah asupan vitamin saya selalu sediakan pisang kepok untuk cuci mulutnya hehe..

Yang paling sulit dan cenderung tidak konsisten adalah jadwal mandi dan jemurnya, karna jadwalnya mengikuti libur kerja tuannya.. hehe.. walopun terkadang dia suka mandi di tempat minumnya, tapi akan lebih puas jika bisa mandi di karamba mandi..

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...