Cara Memandikan Burung

Sama halnya dengan kita, burung juga wajib untuk dimandikan, mandi pada burung selain untuk tujuan kesehatan juga bertujuan untuk menyegarkan dan menghilangkan stres pada burung, ritual mandi pada burung juga dapat memperindah dan mempercantik penampilan bulunya. Untuk cara memandikan burung ada beberapa teknik, yang paling praktis adalah dengan cara menyemprotnya dengan sprayer setiap pagi maupun sore hari, tergantung dari kebiasaan kita memandikannya, ada juga dengan cara menyediakan 'bak mandi' di dalam kandang. Kedua cara ini biasa dilakukan untuk mereka yang sibuk, tak punya banyak waktu untuk harianya, Efek negatif yang saya perhatikan dari cara ini adalah kandang menjadi basah dan lembab, jika hal ini dilakukan terus menerus maka kemungkinan kandang akan mudah rapuh karna lembab, jika kandang rapuh maka ada kemungkinkan burung bisa lepas.

Efek negatif berikutnya adalah kandang menjadi becek, karena kotoran burungnya terkena air, selain menyebabkan bau yang kurang sedap, hal ini juga dapat menyebabkan tumbuhnya kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan burung. Untuk sedikit mengurangi efek negatif dari memandikan burung dengan cara tersebut di atas adalah sebisa mungkin jangan memandikan burung di kandang hariannya, mandikanlah burung dikandang lain.

Namun jika Anda tidak mempunyai kandang kosong, mandikan burung di kandang hariannya, akan tetapi kandang segera dikeringkan dan dibersihkan kotorannya. Kalo sekiranya dipagi hari misal tidak cukup waktu untuk memandikannya, mendingan tidak usah dimandikan, bisa sore hari saja memandikannya.

Ritual mandi sebenarnya tidak ada patokan harus setiap pagi dan sore, pagi saja, sore saja, atau seminggu sekali, akan tetapi tergantung dari kebiasaan kita. Jika burung biasa dimandikan sore hari saja, kalo tiba-tiba kita memandikannya di pagi hari maka ada kemungkinan burung kaget karena belum terbiasa, maka lakukanlah ritual mandi sesuai dengan sikon waktu kita, burung juga akan terbiasa dan mengerti.. hehe.

Cara yang aman adalah dengan memandikannya di dalam karamba mandi, suatu tempat yang dibuat khusus untuk tempat mandi burung, seperti pada gambar ini, namun membutuh waktu yang agak lama apalagi kalo burungnya lebih dari satu. Cara ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang punya banyak waktu di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sore hari setelah pulang kerja.

Keuntungan memandikan burung di karamba mandi adalah disamping burungnya akan lebih puas mandinya kita juga dapat sambil membersihkan kandang harian burung tersebut, mengganti pakan maupun minumannya, menyiapkan EF atau sambil ngopi dan udud dulu.

Melatih burung mau mandi di dalam karamba mandi juga bukan merupakan hal yang mudah, memerlukan waktu yang cukup lama, karena biasanya burung yang pertama kali masuk ke dalam karamba mandi tidak lantas langsung mandi, akan tetapi cenderung takut dan grubag-grubug.

Untuk melatihnya memang butuh kesabaran dan ketelatenan, yang penting rutin, maka lama kelamaan burung akan terbiasa dan dengan senang hati mandi di karamba mandi. Untuk memindahkan burung ke dalam karamba mandi lebih baik jangan dipegang /diobok-obok atau diuber-uber di dalam kandang karena takut burung malah jadi stres, akan tetapi latihlah agar burung langsung masuk sendiri ke dalam karamba.

Caranya dekatkan kandang dengan karamba mandi terlebih dahulu dengan posisi pintu saling berhadapan, jarak harus rapat dan jangan ada celah, karena takutnya burung malah mblobos, kemudian bukalah pintu kandang dan pintu karamba mandi, giring perlahan dari atas atau samping agar mau masuk ke dalam karamba mandi. Untuk memancing burung mau segera mandi coba semprot halus dengan sprayer seperti efek hujan.

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...