Agar Burung Cepat Makan Voer

Voer atau ada juga yang menyebutnya Pur, adalah makanan praktis, hemat dan efisien untuk burung piaraan, merupakan makanan pokok yang harus selalu tersedia dalam wadah pakannya, biasanya diselingi dengan makanan tambahan atau ada juga yang menyebutnya EF untuk menjaga agar burung tetap prima. Jika burung belum terbiasa atau belum suka makan voer, karena mungkin burung tersebut dari hasil tangkapan hutan, cara agar burung tersebut cepat makan voer adalah dengan mencampur EF berupa Kroto, jangkrik, atau Ulat Hongkong,dengan voer halus atau voer malau halus.

Lakukan secara bertahap dan kontinyu dengan mengatur perbandingan EF dan Voer. untuk hari pertama biasanya porsi EF lebih banyak daripada voer halus, untuk hari kedua porsi EF dikurangi sedikit dan voer halus ditambah, hari berikutnya lakukan seperti hari kedua, begitu seterusnya sampai benar-benar sudah mau makan voer. Boleh dicoba mencampurkan kroto atau UH dengan voer halus yang sedikit dibasahi, tapi rutin setiap siang atau sore hari diganti dengan yang baru. Untuk memastikan burung tersebut sudah makan voer bisa dilihat dari kotoran burung tersebut.

Untuk penghobi yang punya banyak waktu di rumah biasanya ada yang sengaja tidak memberikan menu voer untuk harianya, dan hanya memberikan makanan alami burung koleksinya tersebut. tapi demi kepraktisan alangkah baiknya burung harus doyan voer atau mau makan voer, karena bila sewaktu-waktu kita tinggal kita cukup menyediakan voer dan air dalam wadah pakannya tanpa harus takut burung kita tidak makan, karena toh produk voer sekarang sudah variatif dan banyak mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk burung koleksi kita.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba..

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...