Indahnya Love Bird

Siang itu ketika punggung kusandarkan di atas kursi bambu reot di kios burung langganan, sambil sesekali kukepulkan asap rokok membentuk hati, pandanganku menyapu ke kanan ke kiri diantara kandang burung dengan berbagai ukuran saling bergelanyut sedikit bergoyang karena penghuninya naik turun tangkringan, tiba-tiba pandanganku terhenti pada sebuah kandang besi bulet warna ijo berpenghuni burung indah, berwarna kuning kehijauan, kepalanya merah kehitaman, paruhnya bengkok, nyerecet sambil merambat-rambat di jeruji kandangnya. Kuberanjak bangkit dari sandaranku mendekati burung tersebut, tiba-tiba dikagetkan oleh suara penjaga kiosnya "ntu Love Bird mas, kalo mau 850ribu aja, belum sempat jawab, penjaga kios dah nyrecet jelasin semua-muanya tentang burung tersebut, yang katanya suaranya juga baguslah, bisa buat isian, bisa di isi, udah ada kelas lombanya, bla bla bla... mungkin dia pikir aku belum tau siapa itu love bird, tapi takut menyinggung perasaannya akhirnya kudengarkan cerita-ceritanya, aku masih belum tertarik ngadopsi Love Bird karena disamping kocekku tidak cukup, momongan di rumah juga udah kebanyakan, tapi ketika si penjaga kios memberikan uang kembalian sambil cerita bahwa Love Bird juga gampang diternak, saya mulai agak tertarik dengan ceritanya dan akhirnya aku kembali ke kursi bambu reotnya lagi mengepulkan asap berbentuk kotak, sambil mendengarkan cerita si penjaga kios.

Seperti tanpa jeda, panjang lebar dia membeberkan seputar merawat Love Bird, terkesan tidak memberi kesempatan aku nimpuk nimpali ceritanya. Untuk perawatan katanya mirip dengan beternak parkit, ukuran PLT kandangnya berapapun tak jadi soal, yang penting tidak terlalu sempit, lebih besar lebih baik karna akan lebih leluasa untuk ruang gerak love bird disamping kalo kandangnya besar bisa diisi beberapa pasang. Makanan yang biasa diberikan adalah biji-bijian seperti jewawut, kacang hijau, kacang merah, atau aneka biji-bijian yang sudah dicampur yang biasa tersedia di kios burung, love bird juga sangat menyukai sayuran segar seperti kagkung, sawi putih, selada air, tauge, jagung muda, buah Apel, ataupun pir. Sediakan juga remahan batu / remahan tanah/ remahan bata merah atau tulang sotong dalam wadah tersendiri karena suatu saat love bird akan makan remah2 tersebut untuk membantu pencernaannya.

Hari sudah beranjak sore ketika kuberanjak bangkit menuju motor bututku si penjaga kios masih menawarkan dua love birdnya yang dibandrol 850 ribu dan 800ribu.. pengin banget sebenernya, apalagi untuk tujuan ternak, tapi sayang amunisi belum terkumpul untuk memboyong sepasang love bird, jadi masih dalam angan saja membayangkan betapa asyik dan menguntungkannya beternak love bird.. mudah-mudahan suatu saat akan kesampean beternak love bird..

Jenis - jenis Love Birds:

sumber gambar di sini

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...