Cara Memaster Burung Kicauan

Tujuan memaster atau mengisi suara burung kicauan dengan suara lain adalah melatih burung agar bisa menirukan suara-suara lain disamping suara asli burung tersebut, bisa berupa suara burung, suara jangkrik atau belalang, suara hewan,suara siulan, atau bisa juga suara benda disekitar burung yang dimaster. Sehingga bisa menambah variasi kicauan atau lagu burung yang dimaster tersebut menjadi beragam atau komplit.

Masuk tidaknya suara burung pemaster tergantung dari tingkat kecerdasan burung dalam merekam suara. Ada beberapa jenis burung yang yang memang sulit bahkan tidak bisa dilatih menirukan suara lain, tapi tak sedikit pula burung yang cerdas dan mudah/gampang dalam menirukan suara mastermya.

Memaster burung dapat menggunakan suara dari burung asli atau burung pemaster atau bisa juga menggunakan media elektronik, HP, file MP3 atau CD mastering. Proses pengisian suara master atau me-master burung tidak harus menunggu ketika burung mabung / rontok bulu, tetapi juga dapat dilakukan pada saat burung dalam kondisi atau keadaan normal. Jika menggunakan burung asli, maka pemasteran bisa dilakukan kapan saja, sesuai kondisi burung pemaster, maka dari itu pemilihan burung pemaster yang sudah gacor sangat disarankan karena durasi memasternya akan lebih lama.

Jika Menggunakan media elektronik, HP misalnya, dapat dilakukan pada saat burung istirahat, siang hari setelah mandi-jemur dan pada malam hari. Kandang burung sebaiknya dikerodong sehingga burung yang akan di master menjadi lebih tenang , sehingga burung lebih konsentrasi dalam mendengarkan materi suara-suara isian yang diperdengarkan.

Volume materi suara isian yang diperdengarkan sebaiknya tidak terlalu keras, pelan saja, tetapi jelas terdengar dan hanya boleh memaster satu persatu materi suara isian. Jangan memperdengarkan lebih dari satu suara isian pada waktu yang bersamaan, karena akan membuat burung tersebut menjadi bingung dalam merekam suara master.

Sebaiknya setelah isian yang satu berhasil direkam atau ditiru oleh burung kita, barulah kemudian dimaster dengan isian yang lainnya. Materi suara master akan bisa direkam dan ditirukan oleh burung anda dalam waktu kurang lebih 3 minggu, atau bisa lebih cepat tergantung pada kecerdasan masing-masing burung.

Sedangkan untuk waktu yang paling tepat dan efesien untuk me-master burung menggunakan media elektronik adalah malam hari pukul 21.00 sampai dengan pukul 05.00 pagi.

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...