Jaguar Cichlid "Predator Eksotis", Cocok Untuk Mengisi Aquarium Anda

Ikan Buldoser biasa kami menyebut nama ikan ini, bukan nama aslinya hanya asal saja memberi nama :) seperti yang pernah saya tulis di sini ketika mencari identitas dan kesamaan atau pembanding ikan ini. Sekitar awal tahun 2006 ketika saya baru pindah tempat tinggal di daerah dekat lokasi danau tersebut, ikan ini sudah sering menggondol umpan ketika saya memancing, baik itu mancing siang atau malam hari. Jaguar Cichlid rupanya nama asli ikan ini, Ikan Predator air tawar bermulut lebar :D eksotis mirip ikan louhan, cocok dipelihara di aquarium. Belum lama saya mengetahui nama asli ikan ini, baru Pertengahan bulan Mei kemarin dapat bocoran namanya dari komentar yang masuk ketika saya mengupload sebuah video memancing dan strike ikan ini, padahal sudah sejak lama saya googling mencari identitas nama aslinya, tapi karena keyword tidak pernah cocok jadi ga pernah nongol data identitas ikan ini :D.

Jaguar Cichlid selain dijadikan sebagai ikan konsumsi dengan dagingnya yang gurih dan enak, bisa juga dijadikan sebagai ikan hias, karena memiliki corak sisik yang unik dan menarik. Ikan yang bukan asli endemik Indonesia ini sempat membuat saya penasaran karena hanya di danau sini saya menjumpai ikan jenis ini, mungkin waktu itu ada seseorang yang memasukannya ke danau, jadilah dia berkembang biak.

Ikan yang mempunyai nama latin Nandopsis managuense (sumber : Wikipedia ) juga di kenal dengan nama Managua Cichlid, Aztec Cichlid, Managuense Cichlid dan termasuk ke dalam Family Cichlidae. Jaguar Cichlid merupakan bagian dari kelompok American Cichlid (ikan cichlid/siklid yang berasal dari benua Amerika) habitat aslinya berasal dari Amerika tengah mulai dari Honduras sampai Nikaragua. Nama Managuense sendiri berasal dari nama danau Managua di Nikaragua. Pada saat dewasa ikan ini berukuran 35 cm (jantan) dan 30 cm (betina). Walaupun ada yang bisa mencapai ukuran 50 cm. Pertumbuhan ikan Jaguar cukup cepat sampai dia mencapai ukuran sekitar 15 cm, namun setelah itu pertumbuhannya akan melambat.

Jika Anda menemui ikan jenis ini di danau sekitar tempat tinggal anda dan berencara untuk menangkapnya untuk dijadikan ikan hias dipelihara di aquarium, Anda bisa menangkapnya dengan cara memancinginya. Untuk settingan pancing bisa menggunakan model timah pemberat di bawah dan dipasang dua atau tiga mata pancing di atasnya, atur jarak kail agar tidak saling sangkut ketika dilempar.

Ikan jenis predator, jadi untuk umpan bisa menggunakan ikan-ikan kecil yang hidup, seperti ikan mas kecil, ikan wader atau ikan-ikan kecil yang hidup di habitat danau tersebut. Menggunakan umpan Ikan kecil yang ada di danau tempat ikan ini hidup lebih disarankan, karena ikan-ikan ini sudah sering menjadi santapan atau mangsa dari ikan jaguar, jadi dia sudah terbiasa dengan rasa dan aroma umpan yang kita pasang, namun Anda jangan kaget dengan gaya makannya yang unik, pernah saya tulis di sini.

Jika anda penasaran ingin mencoba menggunakan umpan palsu atau lure, boleh-boleh saja, tapi sepengalaman saya, ikan ini tidak mau menyambar umpan palsu, tangan sampe pegel karena berkali-kali melempar dan tarik tapi ikan ini tak kunjung menyambar, atau mungkin saya saja yang tidak ahli dan tidak beruntung :)

Ini dia penampakan Ikan Jaguar Cichlid yang berhasil saya tangkap dan saya pelihara di Aquarium.

Gahar ya bro :D.. Siapa tau ada yang pengin lihat video ketika saya strike ikan ini, kalian bisa buka chanelnya dan lihat pada beberapa upload-an video saya, ada tuh ikan ini nyamber kailku :) thanks for reading and watching.. salam joran melengkung :)

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...