Perbedaan Ciri Fisik Burung Sikatan Mugimaki dengan Sikatan Emas

Flycatcher Mugimaki (Ficedula mugimaki) adalah burung pengicau kecil dari Asia Timur yang termasuk dalam genus Ficedula dalam keluarga penangkap lalat Dunia Lama, Muscicapidae. Nama "mugimaki" berasal dari bahasa Jepang dan berarti "penabur gandum" dikenal juga sebagai flycatcher robin.

Burung Flycatcher Mugimaki mirip dengan burung Sikatan Emas, memiliki panjang 13 hingga 13,5 sentimeter. Burung yang memiliki kebiasaan berderak dan sering mengibaskan sayap dan ekornya. Jantan dewasa memiliki bagian atas kehitaman dengan alis putih pendek di belakang mata, bercak sayap putih, tepi putih ke tertial dan putih di pangkal bulu ekor bagian luar. Dada dan tenggorokan berwarna oranye-merah sedangkan perut dan penutup perut berwarna putih.

Mugimaki Betina berwarna abu-abu kecokelatan
dengan bulu dada dan tenggorokan berwarna oranye pucat, memiliki alis berwarna pucat atau tidak ada sama sekali. dan tidak memiliki warna putih pada ekornya, memiliki satu atau dua bulu sayap putih pucat.

Ciri fisik Mugimaki betina dewasa hampir mirip dengan Jantan muda/trotolan, hanya saja Mugimaki jantan muda memiliki bulu dada oranye yang lebih cerah, berwarna putih di bagian ekor dan alis yang lebih jelas.

Untuk kebiasaan hidupnya sama dengan sikatan emas, di alam liar Sikatan Mugimaki merupakan burung pemangsa serangga, terkadang makan buah-buahan kecil.


Burung Mugimaki berkembang biak di Siberia Timur dan China Timur laut, bermigrasi melewati Cina bagian timur, Korea dan Jepang pada saat musim semi dan musim gugur, sedangkan pada musim dingin burung ini bermigrasi ke Asia Tenggara, mencapai Indonesia bagian barat dan Filipina.


Untuk perbedaan ciri fisik Burung Mugimaki dengan burung Sikatan Emas bisa dilihat pada gambar berikut :


Untuk harga tidak terpaut jauh, untuk harga trotol atau muda hutan biasanya dibandrol 50 ribu untuk burung yang belum mau makan voer.

Cara ini Menghasilkan Uang Tambahan dengan Mudah di Internet, terbukti Membayar.

Harga terbaru Maret 2020 dari beberapa kios yang saya kunjungi, sikatan emas dewasa bandrol 60 ribu, mugimaki dewasa 120 ribu.

Baca juga pengalaman saya ketika berhasil membuat Burung Emprit Kaji atau Emprit Bondol berkicau seperti kenari, mau tau bagaimana ceritanya simak videonya dan baca di sini

Pilihan tergantung pada selera dan minat, kedua burung sama-sama memiliki tubuh yang mungil, warna bulu yang indah, dan kicauan yang merdu dan tidak terlalu keras.


Baca Juga : Cara Mudah Memanen Ulat Kandang
Cara Beternak Ulat Kandang
Ngidam Burung Cingcoang dapatnya Plenduk semak :D
Cara CEPAT membedakan jenis kelamin EMPRIT BONDOL / KAJI TROTOL
Jangan Lupa dukung chanel saya ya :D :D Salam kicau Mancing!!





















No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...