Burung Anda Belum Mau Makan Voer? Coba cara ini!

Memberi makan burung atau hewan peliharaan kesayangan kita sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan, jangan sampai hanya sekedar suka memeliharanya saja, tapi malas atau enggan memberinya makan, lebih baik diberikan ke orang atau dilepasin daripada membiarkannya dalam keadaan lapar. Hewan liar dalam hal ini burung yang baru ditangkap dari alam, jika dipelihara di rumah resiko kemungkinan mati karena faktor makanan biasanya cukup besar disamping karena burung stress. Bagaimana caranya agar burung liar yang kita pelihara tidak mati? salah satunya adalah dengan memberinya makan :D :D Kita juga harus bisa membedakan mana jenis burung pemakan serangga, pemakan buah, pemakan biji-bijian atau pemakan segala. Untuk tahap awal agar burung bisa bertahan hidup ketika kita pelihara adalah dengan memberinya makan seperti apa yang dimakan di alam, untuk kemudian hari agar lebih mudah dan praktis adalah dengan memberinya makan voer. Burung Anda belum Mau Makan Voer? berikut saya akan berbagi tips agar burung cepat makan voer kasar.

Berat rasanya jika burung yang kita pelihara tidak mau makan voer, khususnya untuk burung pemakan serangga, apalagi jika kadang-kadang kita meninggalkannya untuk beberapa hari, sangat repot jika harus memberinya stok makanan seperti apa yang dimakannya di alam seperti jangkrik atau ulat, apalagi untuk porsi dua atau tiga hari misalnya, pasti sangat tidak mungkin bisa.

seberapapun banyaknya jumlah jangkrik atau ulat yang diletakan ditempat makan,
pasti akan ludes pada hari itu juga, jarang banget tersisa untuk esoknya, burung pasti akan memakannya pada hari itu juga, kalaupun tersisa pasti udah pada mati dan burung enggan memakannya, belum lagi resiko dikerubutin semut. Dan ternyata membuat burung mau makan voer sepertinya wajib dilakukan.
Berikut saya akan berbagi tentang bagaimana caranya agar burung mau makan voer kasar untuk jenis burung pemakan serangga,


Langkah pertama adalah dengan mencampurkan jangkrik/ulat hongkong/kroto (#baca EF) ke dalam cepuk berisi voer halus, aduk agar jangkrik/ulat hongkong/kroto sedikit tertutup voer halus.

Untuk hari pertama biasanya porsi EF lebih banyak daripada voer halus, untuk hari kedua porsi EF dikurangi sedikit dan voer halus ditambah, hari berikutnya lakukan seperti hari kedua.

Agar kondisi burung tetap vit, berikan 3 ekor jangkrik pagi dan Sore hari menggunakan lidi atau diletakan di wadah pakan terpisah dengan wadah voer.

Setelah kurang lebih satu minggu, campurkan sedikit voer kasar kedalam campuran voer halus dan EF tersebut. Hari kedua masih sama, voer halus campur EF dan Voer kasar, akan tetapi porsi EF dikurangi dan porsi Voer Kasar ditambah. #memberikan jangkrik 3 ekor pagi dan Sore menggunakan lidi atau diletakan di wadah pakan terpisah setiap hari tetap dilakukan.

Hari berikutnya Campur sedikit voer halus dan porsi Voer kasar ditambah, tanpa EF.. #memberikan jangkrik 3 ekor pagi dan Sore menggunakan lidi atau diletakan di wadah pakan terpisah setiap hari tetap dilakukan.

Sore hari bisa dilihat bentuk kotorannya, apakah sudah ada kandungan voer atau belum. jika hanya memakan serangga kotoran berwarna putih, jika sudah mencicipi voer maka kotoran akan keras dan berwarna kuning atau hijau, tergantung dari warna voer yg diberikan.

Hari berikutnya paksa lagi dengan hanya memberikan voer halus dan voer kasar. #memberikan jangkrik 3 ekor pagi dan Sore menggunakan lidi atau diletakan di wadah pakan terpisah setiap hari tetap dilakukan. Amati lagi kotorannya, jika sudah ada kandungan voernya, maka untuk esoknya bisa dicoba hanya memberikan voer halus dan kasar saja. EF 3 jangkrik berikan di pagi hari.

Tidak sampai Dua minggu, burung anda pasti sudah beralih makan ke voer kasar. PR berikutnya adalah terapi jinak dan terapi bunyi. Saya sudah melakukan trik tersebut untuk burung Pented, Kacer, cerucuk, Srigunting, sikatan dan Kutilang, dan terbukti berhasil. Burung Pented sepertinya yang paling cepat makan voer kasar. Selamat mencoba, tapi ingat.. tidak ada garansi ya :)





















No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...