Cara Membedakan Jantan dan Betina untuk Mencetak Emprit Kaji Rasa Kenari

Memelihara dan meloloh anak burung #emprit itu sudah sering saya lakukan sejak saya masih menginjak usia Sekolah Dasar, jenis emprit yang sering saya pelihara waktu itu diantaranya emprit jawa atau emprit Dada Putih, emprit Peking Jalu, dan Emprit Kaji atau Bondol Jawa. Trend saat itu, ketika saya memelihara burung emprit, bukan untuk "dipaksa" agar bisa berkicau menirukan kicau burung kenari atau dibuat menjadi burung emprit rasa kenari, tapi hanya untuk jinakan seperti burung merpati, ketika di lepas terbang maka dia akan terbang kembali atau mengejar kita pemiliknya, lebih tepatnya Free Flight mungkin kalau dalam bahasa keren saat ini.

Burung emprit yang bisa fasih menirukan suara kicau burung kenari yang saya tahu yakni dari jenis
emprit Bondol atau emprit Kaji, emprit yang memiliki warna putih pada bulu kepala dan leher, serta coklat kemerahan pada bulu sayap, badan, dan ekor.
Sama seperti burung emprit lainnya, Di alam liar, burung emprit kaji akan membangun sarang tidak jauh dari daerah perkebunan atau pertanian, mungkin agar tidak terlalu jauh dari sumber makanan.

Emprit kaji membangun sarang pada ranting pohon tidak terlalu tinggi, bahkan kita kadang bisa dengan mudah melongok isi sarangnya, berbeda dengan emprit peking jalu yang membangun sarangnya berada dipucuk pohon, muncrit kalo dalam istilah orang jawa.

Cara ini Menghasilkan Uang Tambahan dengan Mudah di Internet, terbukti Membayar.

Burung emprit kaji atau emprit bondol di daerah tertentu juga sering ditemui berada di dekat rumah atau pemukiman warga, terkesan jinak-jinak lalat, terkadang membuat sarang dipohon di depan rumah, seperti yang saya temui beberapa waktu yang lalu, ketika sedang mencabut singkong halaman belakang rumah, saya menemukan sarang burung emprit bondol ini bersarang di rimbunan rumput yang merambat di gagang pintu di sebuah rumah kosong.

Rupanya gayung bersambut :D baru beberapa waktu membicarakan emprit kaji rasa kenari dengan teman kicau maniaku, akhirnya saya menemukan sarangnya di dekat rumah.

Karena takut werit atau sarang ditinggalkan indukan, saya tidak menyentuh sarang dan hanya saya intip, menyibak daun yang menutupi lobang sarang dengan menggunakan ranting, rupanya sarang baru berisi dua butir telur.

Selang beberapa lama, saya tengok kembali sarang tersebut, dan ternyata sudah berisi 6 ekor anak masih berbulu jarum. Tadinya berniat untuk di download saat itu juga :D, tapi saya berfikir pasti saya akan terlalu lama menyuapinya, karena masih terlalu kecil, akhirnya saya biarkan untuk beberapa saat lagi.

Selang sekitar satu minggu, kembali saya longok kondisi anak emprit bondol ini, dan ternyata sudah berbulu lengkap, kecuali yang bontot yang masih berbulu sendok, karena takut keburu terbang meninggalkan sarang atau di download orang lain :D akhirnya sarang saya download saat itu juga :D :D

Jangan kaget, karena biasanya anak burung emprit atau anak burung jenis apa saja yang baru di download :D di unduh dari alam liar, dia tidak serta merta mau mangap atau buka mulut ketika kita hendak melolohnya, perlu beberapa waktu untuk penyesuaian bagi si anak burung ini, bisa setengah hari atau kadang satu hari baru mau minta makan.

Sesuai harapan dan orientasi :D anakan burung emprit kaji atau emprit bondol ini tumbuh dan berkembang sesuai umur :D tidak menunggu lama, anak burung emprit yang saya loloh ini sudah bisa belajar terbang dan jinak :)

Agar anak emprit semakin jinak dan nurut dengan kita, jika kita sering melolohnya di luar kandang, atau diletakan di atas tanah.

Setiap hari mereka saya perdengarkan atau saya master dengan suara kicau kenari, tidak hanya suara kicau dari burung kenari asli saja, tapi juga suara MP3 kicau kenari ketika malam hari.

Ketika mereka sudah bisa terbang dan makan sendiri, untuk yang jantan, saya pisahkan dalam kandang tersendiri, sesuai harapan dan orientasi :D yakni agar doi bisa berkicau layaknya burung kenari.

Tapi bagaimana cara membedakan Jenis Kelamin Jantan dan Betina Pada Burung Emprit Kaji ?

Membedakan jenis kelamin atau ciri-ciri jantan dan betina pada burung emprit kaji ketika masih loloh atau anak cenderung agak susah, karena masih sama-sama dalam masa pertumbuhan, namun saya ada tips sederhana untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada burung emprit kaji masih loloh, cara ini sudah sering saya gunakan dan kebetulan sering tepat.

Caranya yakni coba kamu dengarkan suaranya ketika sedang mangap minta makan, saat sedang diloloh, anak burung emprit akan saling berebut untuk minta disuapin duluan, sambil mangap, si anak burung ini akan berteriak mengeluarkan suara khas anak burung emprit :D. Anak emprit kaji Jantan akan mengeluarkan suara ruik ruik minta makan lebih keras dan jernih jika didengarkan dibanding betina.

Ketika menginjak usia remaja, atau sudah bisa terbang atau bisa makan sendiri, kita bisa agak mudah membedakan jantan dan betinanya, selain mengamati bentuk paruh, mata dan kepala, bisa juga dilihat dari cara berdiri, untuk yang jantan posisi berdiri cenderung tegak atau NAGEN

coba amati foto pembanding berikut, kalian pasti akan dengan mudah membedakannya.perhatikan cara berdiri dan sorot mata dan kepala. Trotol emprit kaji dijamin jantan ada di tengah


Untuk burung emprit Kaji Dewasa, Perbedaan Jantan dan Betina bisa dilihat dari Postur tubuh dan warna bulu, Burung emprit kaji berjenis kelamin jantan memiliki postur tubuh yang relatif lebih besar dibanding betina, Warna bulu coklat gelap, Memiliki warna bulu putih di kepala dan leher lebih tegas atau putih cerah, Saat berdiri terlihat tegak atau nagen.

Sementara Untuk ciri emprit kaji betina yakni Memiliki postur tubuh yang relatif kecil, memiliki warna bulu pada sayap, tubuh dan ekor berwarna coklat kemerahan agak pudar, Warna bulu putih di bagian kepala dan leher lebih pudar dan kusam, Bila berdiri terlihat agak membungkuk.

Jika kamu berhasil membedakan jantan dan betina, maka coba pisahkan kaji jantan dalam satu kandang tersendiri, seperti yang saya lakukan, setiap hari dimaster menggunakan suara kicau burung kenari. tujuannya agar ketika remaja burung emprit kaji ini akan dengan fasih mengeluarkan kicau burung kenari.

Berikut penampakan video ketika saya sedang meloloh anak burung emprit Kaji atau emprit Bondol, seru kan? :D bisa kok digunakan untuk belajar menebak jantan dan betina dari suara ruik-ruik minta makannya :D

Akan saya update lagi tulisan ini ketika burung emprit kaji saya sudah bisa berkicau seperti burung kenari :) Thanks for reading and watching :) Salam Kicau Mancing!!

Update : Emprit Kajiku sudah berkicau seperti burung kenari, walaupun masih tipis dan pendek2. Simak videonya di chanel Kicau Mancing :)

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...