WOW!! Ternyata Ikan Gabus Bisa bikin Repot Pemerintah AS

Sepertinya para Angler Indonesia bisa laku berat nih kalo dikirim ke Amerika Serikat :D bisa casting dan popping ikan gabus di sungai dan rawa-rawa sepuas hati disana, secara ya Pemerintah Amerika serikat saat ini sedang dibikin repot dan kewalahan oleh Ikan Gabus atau snake head, khususnya Departemen Sumber Daya Alam (DNP) di negara bagian Georgia, Amerika Serikat, yang merupakan negara bagian ke-15, seperti berita yang ditulis BBC Indonesia yang saya baca hari ini.

Berita yang ditulis BBC Indonesia dengan judul Ikan gabus sangat rakus dan bisa bertahan tiga hari di darat bikin repot pemerintah AS dengan gambar ikan gabus super babon sedang dipegang mulutnya, eh di jembreng mulutnya ding :D kalau tidak salah ikan gabus dari jenis Channa amphibeus. Berita tersebut berhasil menarik hatiku :D akhirnya saya klik dan ternyata seru :D.

Mengutip informasi dari berita tersebut, disitu dijelaskan bahwa "Jika Anda menangkap ikan gabus utara, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membunuhnya dan membekukannya. Jangan lepaskan. Ingat, ikan ini bisa bertahan hidup di darat." Seruan ini berasal dari Departemen Sumber Daya Alam (DNP) di negara bagian Georgia, Amerika Serikat, yang merupakan negara bagian ke-15 yang sedang mewaspadai hewan predator yang rakus ini.

Gile bre!! sudah seganas itukah ulah si Gabus sampai-sampai DNP AS sendiri sampai turun tangan memberi himbauan kepada masyarakat. Tapi yang membuat saya heran dalam himbauan tersebut kok ga ada perintah untuk ditangkap lalu digoreng atau dimasak ya :D padahal ikan gabus itu enak lho :D kaya protein dan albumin tinggi, bagus untuk kesehatan dan pemulihan paska operasi. Mungkin orang sono tidak suka ikan gabus :D

Lalu siapa yang salah dengan kejadian hal tersebut? dugaan sementara kenapa ikan-ikan gabus ini bisa hidup diperairan setempat karena ada kemungkinan dilepaskan dengan sengaja oleh orang yang membelinya sebagai peliharaan, mungkin repot memberi makan jadi dilepasin di alam liar, eh tidak dinyana ternyata malah jadi malapetaka :D Ikan GABUS malah berkembang biak dengan pesat.

Hal tersebut mudah saja terjadi karena di Amerika sendiri ada larangan untuk memancing, kita tidak bisa sembarangan berlayar dan memancing, larangan tersebut sudah ada sejak tahun 2006 dikeluarkan oleh Judge Robert G. James. Sebenarnya Larangan berlayar dan memancing tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian ikan.

Awalnya Larangan berlayar dan memancing ikan ini diberlakukan karena banyak orang yang menangkap ikan Louisiana Angler. Jika ada orang yang memang ingin berlayar dan memancing, maka mereka harus berlayar dan memancing ikan di area yang sudah ditentukan. Jika tidak, maka akan ditangkap oleh polisi dan mendapatkan denda yang harus dibayar.

Kalau saya boleh menebak, dan jika memang benar dugaan asal muasal ikan gabus ini karena hasil dari pelepasan oleh penghobi yang secara sengaja melepaskan ikan gabus ini ke alam liar, pasti eh mungkin ding :D ikan gabus ini oleh orang tersebut dilepaskannya di areal yang dilarang untuk dipancingi, kenapa? sudah pasti agar si ikan gabus ini selamat dan tidak tertangkap oleh pemancing.

Maksudnya baik agar si ikan gabus ini tetap hidup, tapi tidak disangka-sangka, kesempatan itu justru malah dimanfaatkan oleh si Ikan Gabus ini dengan sebaik-baiknya :D, karena berada di tempat yang nyaman dan aman dan sudah pasti banyak makanan melimpah alhasil berkembang biaklah mereka dengan pesat.

Ketika sudah berkembang pesat dan makin bertambah banyak barulah bikin panik :D karena banyak ikan-ikan endemik jadi mangsa si ikan gabus ini, jika dibiarkan terus maka sudah bisa dipastikan kalo ikan-ikan endemik bakal habis, lama kelamaan yang tersisa di tempat itu hanya ada ikan gabus saja.

BCC Indonesia menceritakan bahwa Ikan gabus tersebut juga ditemukan di alam liar di beberapa negara bagian: Florida, New York, Virginia, California, Massachusetts, dan Maryland. Temuan pertama di Maryland tahun 2002, itupun yang ditemukan adalah anaknya, brati kan ada emaknya :D

Dari tahun 2002 lho bre?? sekarang sudah 2019.. bisa dbayangin jika ikan ini terus hidup dari tahun 2002 sampai 2019 tanpa ada pemburuan atau dipancing, kurang lebih sudah 17 tahun, jika terus berkembang biak kira-kira sudah berapa jumlahnya ikan ini? :D terus emaknya ikan gabus ini kalau masih hidup sampai sekarang pasti sudah super monster dong ukurannya :D pasti ajib banget kalo sampai strike ikan ini :D

Gak nyangka ya bre.. ikan gabus bisa bikin heboh.. tapi hal itu umum terjadi, namanya juga ikan predator kalo dibiarkan banyak tanpa ada seleksi alam atau seleksi buatan, dipancing trus digoreng misalnya :D sudah pasti bakal eksis di alam dan ngabisin ikan yang 'lemah"

Seperti yang terjadi di danau di dekat tempat saya juga begitu, gara gara ada yang nyemplungi ikan Jaguar cichlid dan Ikan Red Devil #sejenis louhan, lalu ikan ini berkembang biak dengan baik, maka ikan endemik yang lemah, wader dan ikan kecil lainnya sudah banyak berkurang, bisa dikatakan punah, untuk danau tersebut

Kekhawatiran pemerintah setempat sangat wajar, mengingat keselamatan ikan endemik asli yang terus terancam kelestariannya. Tapi kira-kira bagaimana solusinya? kalau menurut saya sih, jika memang perlu pengurangan atau malah pemusnahan populasi ikan predator ini, pemerintah setempat harus segera mengerahkan para mancingers :D kalo perlu bayar mahal tuh para angler angler untuk casting ikan ini setiap hari :D tidak di bayar pun saya rasa mancingers akan siap grak bergerak mancing :D

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...