Hobi Burung Itu Boros

Tak dapat dipungkiri memang kalo hobi burung itu sebenernya membutuhkan budget khusus, untuk hariannya, setiap minggu atau setiap bulannya.. beli ini beli itu.. beli kandang, beli voer, beli EF atau pernak pernik lain, pendaftaran latber atau pendaftaran lomba.. belum lagi kalo lagi mampir di kios burung, lirak lirik gantangan ada yang menarik hati, tawar-tawar bungkus..kalo ditotal-total dalam sebulan pasti sampai sekian rupiah .. tidak terasa memang kita melakukan hal itu, tapi kalo ditotal-total sebenernya cukup lumayan juga.. Boroskah?? Saya mengatakan tidak walopun sebenernya iya hehe.. tapi kalo sudah menyangkut masalah hobi atau kegemaran berapapun oke yang penting pikiran tenang hati kita terhibur.. lagian ga cuma hobi burung saja yang mengeluarkan banyak kocek, masih banyak hobi-hobi lain yang mengeluarkan kocek lebih dalam.. Ada yang komplain?? Saya mengatakan ada.. siapa?? Istri dan anak.. haha.. kenapa?? Karena kita sering mengutit uang belanjaan buat beli pakan burung.. kok anak ikut-ikutan komplain? Iya.. katanya brisik, rumah jadi seperti di kebun binatang. Tapi bagaimanapun juga hobi memang harus tersalurkan, karena kalo tidak.. akan menjadi bisul dan kalo pecah akan nyenyeh.. bahaya, bisa masuk UGD. Gag usah terlalu dirisaukan karena segala sesuatunya pasti sudah kita perhitungkan, Maka saya mengajak teman-teman yang hobi burung, bertahanlah pada hobi kalian haha.. #provokasi.

Sebenernya kalo diperhatikan yang cenderung lebih terlihat boros biasanya mereka yang baru terjun di dunia perburungan, yang lagi seneng-senengnya miara burung, karena cenderung penasaran dan hasrat untuk menambah koleksi momongan masih tinggi, tidak semuanya sih, tapi yang saya perhatikan disekitar begitu adanya #maaf ye kalo ade nyang kurang berkenan hehe..

Seperti saya juga dulu awal-awalnya ketika mulai terjangkit virus demam burung juga demikian, koleksi burung sampai puluhan ekor, kandang bergelanyut dan nemplok di tembok halaman belakang, penuh seperti di kios burung, walopun sebenernya burung-burung itu kebanyakan kualitasnya nol, bunyi sekedar bunyi tapi tak bisa diharapkan kalo diikutkan lomba, tapi masih saja penasaran, hunting mpe nyasar-nyasar di kota orang.

Koleksi burungku waktu itu ada burung AM, Pentet, JS, JK, Trucuk, BR, sepasang Kacer tapi gak pernah mau akur kalo dicampur, sepasang Parkit yang hobinya manggut-manggut sambil ciuman, Puter 1 cowo 2cewe, tekukur, Sirtu, 2 Pleci, ayam kate, 7 emprit kaji yang palanya putih hasil dari mborong dari tukang emprit yang pake sepeda.

Awal-awalnya memang seneng dan rajin merawatnya, tapi karena cape ahirnya ada yg mpe seminggu gag dibersihin kotorannya, ‘biarin saja ah belum kotor-kotor banget’ kata ini yang sering muncul dalam hati waktu itu karena mulai capek sering-sering mbersihin eek burung.

Beda dengan sekarang, kalo diistilahkan sudah tobat, bukan tobat tidak lagi miara burung, tapi tobat tidak lagi miara banyak-banyak burung, cukup beberapa ekor saja tapi dijaga kualitasnya, untuk isian kan bisa pake HP atau CD mastering, jadi gag usah rempong-rempong miara puluhan ekor, cukup dua atau empat jagoan saja atau sesuai selera, tapi bener-bener keurus, di didik dan berkualitas #niat saya, tapi lagi-lagi ya cuma teori , tetep saja kualitasnya belum maksimal.

Tapi beda kalo orientasinya untuk dijual kembali, ya ga masalah miara mpe puluhan ekor yang penting keurus, tidak merepotkan, untung atau balik modal. Tapi jika orientasinya untuk lomba atau rumahan, mendingan beberapa ekor saja yang penting oke, tapi ya kembali lagi ke selera masing-masing kita, jika emang puas dengan miara banyak burung ya lanjutkan saja toh ga ada larangan.

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...