Cara Membuat Adonan Umpan Untuk Memanggil Ikan

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam suatu habitat air baik di sungai, rawa, maupun di danau, ada dua jenis ikan yaitu ikan pemangsa atau sering disebut Ikan Predator dan juga ikan yang sering dimangsa :D :D... Cara ampuh untuk memanggil kedua jenis ikan ini agar mendekat ke spot yang sedang kita pancingi yakni dengan cara menebarkan bom umpan. Berikut saya akan mencoba berbagi pengalaman saya tentang cara membuat bom umpan untuk memanggil ikan.

Langkah pertama adalah kita silikidiki dan kita amati dulu lokasi atau spot yang akan kita pancingi, setelah memperhatikan maka kita akan menimbang, mengingat, dan memutuskan :D ada baiknya kita menyiapkan dua jenis pancingan, yakni pancingan untuk ikan besar dan pancingan untuk ikan kecil.

Memanggil Ikan Predator, Predator sungai, danau, maupun rawa yang sering kita jumpai yakni ikan gabus/Snakehead, gabus bego/betutu, bulldozer, jaer batu, Red Devil dan Lele. Dari beberapa jenis predator yang saya sebutkan yang paling gampang kita panggil adalah dari jenis ikan Gabus Bego/Betutu, Bulldozer, Red Devil dan Lele, Gabus/snakehead biasanya malu-malu kucing dan menjaga jarak aman.

untuk memancing agar mereka mendekat ke spot yang sedang kita pancingi adalah dengan menebar bom umpan, bom umpan yang sering saya gunakan adalah dengan menggunaan cacahan atau potongan halus ikan-ikan kecil atau cacahan isi perut ikan dan menaburkannya di spot yang sedang kita pancingi, bau amis dari bom umpan ini akan menarik perhatian ikan predator.

Bisa juga dengan menempatkan beberapa ekor anakan ikan mas kecil-kecil kedalam plastik/koja tempat ikan, kita ikat dan tenggelamkan ke dalam air, pergerakan ikan-ikan kecil dalam wadah tersebut akan menarik perhatian ikan predator, sehingga ada kemungkinan untuk mendekat. Jangan lupa kita taruh juga pancingan dengan umpan di dekat wadah ikan-ikan kecil tersebut, agar jika ada predator yang mampir akan menyambar umpan di kail.

Umpan dengan menggunakan ikan-ikan kecil yang berasal dari lokasi memancing biasanya lebih oke, karena predator terbiasa makan ikan-ikan kecil disitu

Hal lain yang tidak kalah penting adalah waktu kita memancing, tidak semua jenis ikan predator makan pada siang hari atau malam hari. Ada beberapa predator yang aktif di siang hari, ada juga yang aktif di malam hari saja, bahkan ada juga yang aktif di siang dan malam hari.

Waktu yang tepat untuk memancing ikan jenis predator menurut saya adalah waktu peralihan siang ke malam, saya biasa mancing di jam-jam sore hari kira-kira pukul 16.00 sampai dengan 22.00.

Memanggil ikan cara kedua, yakni memanggil ikan yang biasa dimangsa predator. Ikan yang biasa dimakan predator diantaranya ikan wader, tawes, sepat atau jenis ikan-ikan kecil lain. Memanggil ikan jenis ini sangat mudah, kadang air hanya dilempar tanah juga langsung pada datang ngerubutin.

Agar ikan-ikan kecil ini banyak yang datang, kita bisa membuat adonan bom umpan yang sudah pasti digemari ikan-ikan kecil ini, adonan ini hanya terdiri dari pelet lele dan pur ayam yang diseduh air panas dan diuleni hingga pulen tapi tidak terlalu lembek.

Adonan umpan sebagai bom pemanggil juga sekaligus dijadikan umpan untuk memancing ikan kecil seperti wader, tawes, beunter, maupun sepat. Untuk cara memancingnya bisa menggunakan pancing ombyok, agar cepat mendapatkan banyak ikan jenis ini. Jika terkumpul banyak sebagian bisa digunakan sebagai umpan atau dibawa pulang dijadikan wader chrispy :)

Keuntungan lain memanggil ikan-ikan kecil ini, selain bisa dipancingi dan dibawa pulang dijadikan wader chrispy, juga dapat dijadikan sebagai bom hidup ikan predator, ketika ikan-ikan kecil ini berkumpul mengerubuti umpan yang kita tabur, hal ini juga akan menarik perhatian predator untuk mendekati kerumunan ikan-ikan kecil ini. Jadilah kita memacing dua jenis ikan sekaligus dalam satu spot memancing.. :)

Beginilah suasana ketika spot di bom umpan, bisa dilihat dalam tayangan video berikut, emejing.. sudah seperti cendol :D :D kemruyuk

Notes : Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan pernah mancing sendirian, apalagi ketika mancing malam dan lokasi sepi atau jauh dari keramaian. biar seru dan aman ajak satu atau dua orang teman.. :)

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...