Pura-pura Nangkap kodok untuk menutupi malu :D

Mentari pagi beri salam lagi, Suara burung ku sambut hari berganti.... Bob marley masih bernyanyi, don't worry you yeah.... Jalani semua dengan apa adanya, Biarlah waktu bicara bawa takdirnya.. Yo kita lapangkan dada... Don't worry you yeah…. Begitu sedikit cuplikan lirik lagu yang saya dengarkan menggunakan headset sepanjang jalan menuju spot memancing, minggu pagi yang cerah ketika matahari masih merah bulat belum bercahaya. Seperti tak ada bosannya lagu itu aku putar ulang otomatis sampai beberapa kali, lagu tersebut baru aku hentikan ketika tiba di areal persawahan, karena tidak ingin kehilangan moment indah suara alam.

Motor kupacu perlahan melewati jalan cor berliku yang membelah hamparan sawah menjadi dua bagian tidak simetris. Kaki sesekali turun dari postep manakala ban motor sedikit tergelincir diantara kumpulan kerikil yang sudah memisahkan diri dari semen cor-coran. kadang harus berhenti sebentar dan sedikit
memiringkan badan dan motor ketika berpapasan dengan pengendara lain.

Hampir satu kilo meter mata disejukan oleh hamparan padi yang hijau, sebagian mulai menguning siap dipanen. Bak paduan suara, kodok, jangkrik, dan burung bernyanyi bersama bersautan, membentuk suatu harmoni yang indah diiringi suara gemericik air di parit-parit sawah, aroma khas pohon padi semerbak tertiup angin

Diujung pematang tampak sepasang kuntul hinggap berjejer atas bawah di ranting pohon teresede, satu menunduk dan satunya lagi kepalanya tak terlihat karena tertutup daun dan sedikit tersamarkan oleh kabut

Tak terasa hampir sampai di penghujung sawah, sebenernya pengin puter balik lagi, pengin berlama-lama di sawah, sapa tau ada nyi Iteung ngirim makanan, tapi Tin tiiin.. bunyi klakson motor, ketika ku tengok ke belakang ternyata dua motor antri di belakangku, tak menyadari, entah dari kapan mereka ada di belakangku, otak seperti di hipnotis oleh suasana sawah..

Sambil tersenyum ku hentikan motor dipinggiran jalan berumput, ketika motor aku standarkan tiba tiba  krosak krosak byurr.. keslepet breee... kaki kiriku rupanya menginjak gundukan rumput tak bertanah.. nyemplung deh di parit sawah :D :D untung ga terlalu tinggi, motor juga ga ikutan nyemplung, masih bisa aku tahan .. ga bisa ngebayangin bentuk mukaku seperti apa waktu itu :D :D

Yang lebih aneh lagi, kedua pengendara motor yg tadi dibelakangku sama sekali tidak berhenti, padahal dia liat aku keslepet, seperti enggan menolongku yang agak kerepotan, mungkin mereka kesel, sedari tadi lambat banget jalan dibelakangku, jangan-jangan aku tampak lebay naik motornya, tengok kanan tengok kiri liatin sawah sambil sesekali agak mengangkat dagu, berulang-ulang menghirup udara dari hidung dan wuuuhhh mengeluarkannya dari mulut, kebauan jigong juga kali :D :D  jadi ketika aku keslepet mereka bahagia :D :D ...

Akhirnya setelah membenarkan posisi motor, aku turun ke parit sawah, membersihkan kaki dan sisa lumpur tanah liat yang menempel di celanaku, bening airnya tapi agak bau seperti bau rendaman rumput yang sudah mulai menjadi humus.

Mancing belut mang?? dapet banyak ga??

Saya bingung mo ketawa apa senyum, ketika ada orang lewat nanya begitu, akhirnya aku tahan tawa dan menjawab cuma mau nangkep kodok, untuk umpan mancing gabus.. :D gengsilah kalo harus ngomong abis keslepet :D aib banget... boong dikit gapapa..

Setelah orang tadi berlalu sayapun segera merapikan semua yang tadi sempat berantakan :D, termasuk botol minum yang nongol di bagian bawah plastik.

Perjalanan menuju spot favoritpun saya lanjutkan.. geli sepanjang jalan :D kadang senyum, ketawa dan ngakak sendiri ketika inget kejadian tadi..

Sesampainya di lokasi ternyata sudah ada spiderman naik rakit pohon pisang.. mengacak-acak spot memancing, menebar jala ke berbagai sudut dan arah... tapi it's oke.. biarkan sajalah, toh dia juga sedang mencari ikan, cuma caranya aja yang beda.

"Maap ya jang.. saya jalain dulu danonya.." begitu katanya sambil sedikit berteriak

"Gapapa beh, dapet banyak?"

orang tadi hanya tersenyum, sepertinya dia tidak mendengar pertanyaanku, akhirnya aku mulai membongkar tas dan setting pancing, menyiapkan pancingan untuk ikan besar dan pancingan untuk ikan kecil, sambil sesekali memasukan biskuit ke dalam mulut.

"Gimana.. mau mancing?" pertanyaan dengan logat sunda yang khas tiba-tiba terdengar dari belakangku, sedikit kaget, tidak tahu ternyata si bapak spiderman sudah minggir.

"Ya beh.. ni mo nyoba mancing"

"Mau beli ikan ga? ni ada 6 ekor, 30 ribu saja jang.. buat beli beras"

Wow.. ternyata yang dijala cuma babon-babon mujaernya aja.. emejing.. gede2 banget.. 6 ekor kalo ditimbang kira-kira 3 kiloan lebih, sebenernya lagi ga kepengin beli ikan, ntar juga dapet ikan.. rang lagi mo mancing.. tapi kasian juga liat bapak-bapak tua ini, katanya mau dipake untuk beli beras,  saya coba tawar 25 ribu ternyata boleh.. dan akhirnya saya tetep bayar 30 ribu :D.. kasian buat beli beras.. Akhirnya deal.. serah terima ikanpun dilakukan :)

Belum mancing udah dapet ikan, begitu gumam saya dalam hati sambil menenteng 6 ekor ikan mujaer babon dan memasukannya ke dalam koja tempat ikanku.

Satu pancingan ombyok dengan umpan pelet untuk mencari ikan kecil saya lemparkan, untuk beberapa saat belum ada tanda-tanda umpan dimakan, ketika kambangan mulai ngentrik bergoyang-goyang dan ambles sedikit demi sedikit, mau saya rekam ternyata ada panggilan masuk.. weh gagal ni rekam strike perdanaku..

Sambil terima telepon, tegek dengan 4 kail kecil saya angkat dan ternyata dapat satu ekor ikan wader pari ukuran sedang, karena agak repot dengan obrolan di HP, ikan tadi tidak saya lepas dari kail, tapi saya cemplungin lagi ke air.

Niat saya nanti saja lepasinnya kalau sudah selesai terima telepon, tapi belum lama ikan saya cemplungin, tiba-tiba kambangan langsung ambles kenceng banget, tegek ampe bengkok meliuk-liuk, untung tegek masih saya pegang, jadi tidak sampai kecebur dibawa lari ikan.

Ikan apaan ni yg makan kok berat banget, pikir saya dalam hati sambil menyudahi obrolan di telepon, rupanya ikan wader yang tadi belum sempat saya lepaskan dari kail, ketika aku cemplungin lagi ke air, disambar seekor gabus (snakehead )

Takut lepas karena hanya menggunakan kail ukuran kecil, jadi saya umbar agak lama sambil menunggu sampai ikan ini lemas dan berhenti melawan. Ketika ikan sudah berhenti melawan, senar saya tarik dan ternyata  Gabus (snakehead ) cukup besar, jika ditimbang kira-kira sekilo isi 3. Mantefb ni.. sayang gag kerekam :(

Tak ingin kehilangan moment pagi, karena matahari sudah mulai sedikit naik dan mulai bercahaya, saya kemudian mengambil HP dan kuabadikan beberapa moment memancingku dengan mentari pagi. dan berikut sedikit moment asyik mancing pagi, yang bisa saya abadikan .. thanks for watching :)





















No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...