Warna anak dari Indukan Love Bird Pastel Hijau X Pastel Kuning

Sedikit berbagi pengalaman ketika beternak love bird, tentang hasil warna dan jenis anak yang dihasilkan dari Indukan Love Bird Pastel Hijau dan Pastel Kuning. Awal ketertarikanku memelihara burung jenis love bird sebenarnya bukan untuk diternak, atau untuk tujuan lomba, akan tetapi untuk dicoba dilatih sirkus :D, seperti yang pernah aku tonton di youtube, ada beberapa penggunggah video yang membagikan cara melatih burung love bird agar bisa diajak bermain, seperti memasukan koin ke dalam lubang celengan, main bola seperti basket, dan gerakan-gerakan lain, ngiler lah waktu itu :D akhirnya berburu love bird ke kios dan dapatlah waktu itu, paskun dan lutino MH umur 3 bulanan.

Beberapa hari dalam kandang, kedua ekor burung tersebut tak kunjung jinak, saya coba latih seperti yang saya lihat dalam unggahan video, ternyata sulit minta ampun, saya coba di dalam ruang tamu ternyata malah beterbangan bebas kesana kemari :D :D riwehnya :D. Akhirnya aku memutuskan untuk putus asa saja :D tidak jadi dilanjut untuk dilatih sirkus.

Singkat cerita, setelah gagal mencetak love bird sirkus :D, akhirnya saya putuskan love birdnya saya ternak saja, Singkatnya lagi saya memiliki 2 pasang Love Bird, Pasangan I Pastel Hijau (Jantan) X Pastel Kuning (Betina), sementara Pasangan II Paskun (Jantan) X Pasjo (Betina), sengaja saya memilih kedua jenis ini untuk disilangkan, terbalik antara jantan dan betinanya untuk kedua pasangan.

Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan, anak yang dihasilkan dari hasil persilangan kedua jenis indukan ini katanya lebih banyak variasi warna/jenis yang keluar, maka untuk percobaan dan sekaligus pembuktian, saya menyilangkan kedua jenis ini, lalu apa saja jenis keturunan yang sementara ini sudah dihasilkan dari kedua pasangan ini?

Pasangan Pertama (Pastel Hijau Jantan x Pastel kuning Betina) jenis / warna anak yang keluar :

Produk pertama : 2 dari 3 telur yang menetas menghasilkan jenis Pastel kuning bersih dan pastel kuning kotor.

Produk kedua : 3 dari 4 telur yang menetas menghasilkan jenis/warna : Pastel kuning, pastel kuning kotor, Lutino Mata Hitam.

Produk ketiga : 4 dari 4 telur yang menetas menghasilkan jenis/warna : 1 Lutino Retina Merah, 1 Pastel Kuning, 1 Pastel Hijau, 1 mati keinjek temen-temennya :(

Pasangan kedua ( Pastel kuning Jantan X Pastel Hijau Betina ) Jenis/Warna yang keluar :

Produk Pertama : 3 dari 3 telur yang menetas menghasilkan jenis/warna : 1 Pastel Kuning bersih dan 2 Pastel Kuning Kotor

Produk kedua : 2 dari 5 telur yang menetas :( sedih banget nelurnya banyak tapi yg netes cuma dua :( ga tau kenapa.. jadi hanya keluar warna Pastel Kuning dan Pastel Hijau, bisa jadi jika ketiga telur tersebut menetas mungkin bisa keluar jenis lain.

Semua anak diloloh dan diasuh oleh induknya, saya mulai pisahkan ketika anakan sudah belajar makan atau memecah milet, umur sekitar 1,5 - 2 bulanan

Akan saya update lagi jika produksi lagi dan ada warna lain yg keluar

Update : 21 Oktober 2018

Pasangan Kedua ( Pastel kuning Jantan X Pastel Hijau Betina ): Minggu, 21 oktober 2018, sore hari ketika mengganti air minum dan menambah stok milet pada kandang indukan kedua, setelah hampir satu minggu anakan hasil produk kedua saya ambil dan dipisahkan ke kandang lain, ternyata sudah bertelur lagi 3 biji. cepet banget :D..

sementara itu di sisi sebelah kanan...

Pasangan Pertama (Pastel Hijau Jantan x Pastel kuning Betina) dengan tiga ekor anaknya yang belum bisa mecah milet karena masih diloloh, ternyata juga sudah kepergok dua kali kawin di dasar kandang :D berarti sudah mau bertelur lagi :D

Update 4/11/2018

Ketiga anakan dari Pasangan pertama (Pastel Hijau Jantan x Pastel kuning Betina)sudah dipisahkan, karena sudah keluar sarang dan sudah bisa makan sendiri. Sudah nampak jelas warna dan jenisnya, Lutino Retina Merah, Pastel Kuning, dan Pastel Hijau. Pantauan terakhir 5/11/2018 malam, Indukan sudah bertelur lagi 4 butir.

Selisih kira-kira satu minggu lebih sedikit, Sekarang kedua induk betina sedang asyik mengerami telurnya, Pasangan pertama (Pastel Hijau Jantan x Pastel kuning Betina) dengan 5 butir telurnya, dan pasangan kedua (Pastel kuning Jantan X Pastel Hijau Betina) dengan 4 butir telurnya.

Update 23 November 2018

Beberapa hari tidak saya intip ke dalam glodok, pasangan kedua ternyata sudah berhasil menetaskan 4 butir telurnya, cindil burungnya pun sudah agak besar, sementara pasangan pertama, ketika di intip baru dua butir telur yang menetas, untuk warna belum terlihat.

Update 29 November 2018

Kedua Pasangan sudah berhasil menetaskan semua telurnya, tinggal menunggu kedua pasangan saling membesarkan anaknya masing-masing, berapa yang akan bertahan hidup sampai dia bisa makan sendiri, akan saya update lagi..

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...