Cerita dibalik menjodohkan kenari

Pernahkah kamu menjodohkan burung kenari? Aku sudah lho :D mengulang kembali percobaan untuk berlatih beternak burung kenari seperti beberapa tahun yang lalu, Untuk indukan yang saya pilih masih sama seperti beberapa tahun yang lalu, yakni Indukan dari Kenari Lokal. Kali ini yang menjadi percobaan budidaya yakni Jantan Lokal Super retina merah warna orange x lokal betina warna kuning keputihan.

Kenari Jantan gendut yang belum kelar mabung dan mandek bunyi hasil barter dengan dua ekor love bird sore itu saya boyong ke rumah, sudah pasti karna efek kegendutan jadi ketika pindah tangkringan ke atas atau ke bawah saja dia sudah ngos-ngosan, banyak diem ndeprok dan menunduk, obesitas sepertinya :D pantesan ga mau bunyi sama sekali.

Esok harinya, saya buka kerodong dan beri makan daun mengkudu yang masih muda kemudian jemur full seharian, begitu saya ulang sampai tiga hari, dan ternyata hari ke empat pagi hari ketika saya buka kerodong doi langsung buka suara dengan nada yang merdu :D

Akhirnya setelah hampir 5 tahun tak ada suara kenari, kini setiap sudut rumahku ketika pagi siang dan sore kembali terdengar alunan merdu kicau kenari. senang rasanya bisa membuat kenari mandek bunyi jadi bunyi kembali, dan ternyata penyebab kenari mandek bunyi karena kurang jemur dan kegendutan.

Sebulan saya pelihara timbul niat untuk membudidayakannya, seperti yang pernah saya lakukan beberapa tahun yang lalu.

Dulu sebenarnya sudah sempat berhasil, waktu itu sepasang kenari lokal hasil dari penjodohan beda kios :D Jantan dan betina saya beli dari kios yang berbeda, sempat bertelur dua kali. 3 butir telur pertama dia telurkan bukan pada tempatnya, tetapi di cepuk tempat milet, sempat mengeraminya tapi gagal menetas, mungkin karena tempatnya kurang hangat.

4 butir telur produk keduanya ditelurkan oleh indukan betina tepat ditengah sarang hangat :D tapi naas, baru dua minggu mengerami induk betina dan ke empat telur dimakan tikus yang berhasil merusak jeruji kandang dan masuk ke dalam kandang. Saya baru mengetahui satu hari setelahnya ketika hendak mengganti air dan menambah milet, betina saya temui tanpa kepala di dalam sarang. Bedebah banget ni tikus gerutu saya waktu itu.

Tak sampai disitu, selang hampir satu bulan, kembali pejantan kenari menjadi korban tikus brutal, dua hari menahan sakit, akhirnya kenari jantanpun menyusul betina karena luka gigitan di sayap.

Balas dendam pun saya lakukan :D dengan Lem Tikus saya berhasil meringkus dan mengekskusi mati 5 ekor tikus rumah :D beruntung Anis merah dan Pleci yang tergantang selang satu meter tidak ikut menjadi korban.

Ternyata Tikus berhasil mematahkan semangatku untuk beternak kenari, setelah sepasang kenari dan 4 butir telurnya mati dimakan tikus saya jadi enggan beternak kenari lagi, baru beberapa minggu belakangan ini saya memulainya lagi.

Awalnya sepasang kenari yang belum berjodoh itu saya campur dalam kandang biasa dan saya cantolkan di tempat yang sama waktu itu, sebelum akhirnya saya pindahkan ke dalam kandang kotak besi, karena takutnya menjadi korban tikus lagi seperti beberapa tahun yang lalu.

Dan kali ini sudah dipastikan bebas dan aman dari serangan tikus, karena saya menggunakan kandang kotak besi dan tempelkan di tembok, gigit tuh jeruji besi kalo bisa :D

Betina warna kuning keputihan sudah sebulan saya campurkan dengan jantan, tapi sepertinya belum berjodoh :( masih pada berantem uber-uberan di dalam kandang. atas saran teman akhirnya saya pisahkan lagi beberapa hari.

Setelah hampir satu minggu pisah kandang, kembali kenari jantan Saya campurkan ke dalam kandang ternak, tapi ternyata waktu pisah ranjang selama satu minggu tidak digunakan dengan baik oleh si Jantan dan Si Betina untuk merenung :D bagaimana bersikap dan bertingkah laku yang baik sebagai calon sepasang suami istri :D ternyata masih pada egonya masing-masing, sama-sama belum mau menerima kekurangan dan kelebihan pasangannya, akhirnya berantem lagi. cokot-cokotan dan rebutan makan.

Kembali saya pisah kandangkan lagi lebih lama, kali ini sampai dua minggu, walaupun masih berjejer :D niat sebenarnya mau coba saya pisahin sampai satu bulan tapi...

Karena sibuk nguli, jadi saya kurang memperhatikan perkembangan mereka, hanya sempat mengganti makan dan minum saja, tetapi setelah di akhir minggu kedua, ketika saya bersihkan kotoran dan mengganti pakan dan air, iseng Jantan saya campurkan kembali. ternyata malah ciuman :D :D betina ngleper dan seperti minta disuapin.

Setelah prosesi suap-suapan selesai akhirnya Jadi juga kawin :D :D tanpa malu mereka melakukannya di atas tangkringan disaksikan oleh burung pleci dan aku :D :D Asyik ya bre belah duren di atas tangkringan :D

Walaupun cuma sebatas hobi dan bukan peruntukan untuk dijual kembali, tapi semoga saja kali ini berhasil membudidayakan kenari dan bisa menghasilkan keturunan :)

Betewe ni dia penampakan video ketika masih belum berjodoh.. ada percakapan lucu yang berhasil saya rekam lho :D :D

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...