Apakah Memancing Itu Termasuk Olahraga, lalu Dimana Letak Olahraganya?

Sepertinya masih banyak yang pro dan kontra tentang Memancing itu disebut Olahraga atau bukan. Ada yang setuju dan ada juga yang tidak setuju jika memancing itu disebut atau termasuk dalam kategori Olahraga. Ada yang berpendapat bahwa memancing itu hanya sekedar duduk dan menunggu umpan dimakan ikan, ada juga yang mengatakan kalau memancing itu bukan jenis olahraga karena tidak memerlukan energi, hanya memerlukan waktu saja, jadi lebih tepat dikatakan bahwa memancing adalah suatu bentuk refreshing. Ada juga yang mengatakan memancing itu bukan olahraga tetapi lebih kepada hobi.

Tulisan ini saya tujukan kepada Dia yang menganggap bahwa memancing itu bukan olahraga, dan menanyakan dimana letak olahraganya..

Biasanya Olahraga itu kan identik dengan keringat, memerlukan tenaga dan juga peran otak untuk melakukannya. Kalau begitu sudah jelas dong bahwa memancing itu adalah termasuk Olahraga. Kenapa? karena memancing juga memerlukan peran otak, memerlukan banyak energy, dan berkeringat :D

Apalagi yang menjadi bukti bahwa Memancing itu termasuk olahraga?

Sepertinya hampir semua cabang olahraga ada ketika kita memancing. Gak percaya? Coba teruskan membaca.. :)

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-5165876290023495"
     data-ad-slot="5521478785"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Di dalam olahraga catur otak kita akan berpikir keras untuk menentukan langkah dan tak tik permainan, sama seperti Olahraga Catur, dalam memancingpun Otak kita selalu diajak bekerja untuk menganalisa setiap kejadian. Sebagai contoh ketika kita memancing di sungai, di danau maupun di laut, otak kita diajak untuk berpikir, Dimana ya jalan yang enak untuk dilewati? Dimana ya letak spot yang kira-kira banyak ikannya? Ke arah mana ya lemparan yang bagus? Umpan seperti apa ya yang cocok? Lemparan seperti apa ya yang bagus? Kok bisa lepas ya ikannya? dan tentunya masih banyak lagi peran otak yang lain.. dan sepertinya ini bolehlah dijadikan bukti bahwa memancing itu termasuk Olahraga :).

Di dalam olahraga Bersepeda, ketika mata melihat medan/jalan maka mata akan mengirimkan sinyal ke otak, kemudian otak akan memerintahkan kaki untuk menggoes pedal dengan kecepatan atau kekuatan sesuai dengan kondisi jalan, menanjak, rata, nikung atau menurun.

Di dalam memancingpun sama, ketika mata melihat medan/spot maka mata akan mengirimkan sinyal ke otak, kemudian otak akan memerintahkan tangan untuk melakukan lemparan pancing sesuai dengan medan/spot tersebut. Dan ketika mata melihat pancing disambar ikan, maka dengan segera otak mengirimkan perintah ke tangan untuk segera menyentak joran, dan ketika ikan berhasil kena, maka otak juga akan segera memerintahkan mulut untuk mengeluarkan suara “STRIKE BROOO… MANTAFB!!” :D :D

Di dalam olahraga bersepeda kakilah yang paling banyak bekerja keras untuk menggoes pedal agar sepeda tetap berjalan, di dalam memancing justru tanganlah yang bekerja ekstra, yakni menggulung senar. Apalagi ketika mendapatkan ikan yang berukuran besar, maka otot-otot tangan bekerjasama dengan jari akan bekerja keras menggenggam joran dan menggulung senar.

Kaki otomatis akan melakukan kuda-kuda yang kokoh agar badan tidak terbawa ikan. Sepertinya Hampir semua anggota tubuh bekerja keras untuk mempertahankan ikan tersebut agar tidak lepas, kecuali rambut :D. Apakah mengeluarkan banyak energy? Berkeringat? Sudah pasti demikian. Berarti ini termasuk bukti bahwa memancing itu Olahraga.

Apalagi cabang olahraga yang ada ketika kita memancing?

Untuk mencapai lokasi biasanya kita bersepeda, atau naik motor, atau naik mobil, kalau begitu brati sudah ada tiga cabang olahraga lagi yakni balap sepeda, balap motor, dan balap mobil. Memangnya balapan? Sebenarnya tidak, tapi secara tidak sengaja ketika naik sepeda, naik motor, atau naik mobil di jalan kita sudah melakukan balapan, kita akan saling menyalip dan disalip.

Memangnya kamu mau disalip gerobag sapi? tentunya kamu akan segera menyalip. Belum lagi ketika ada emak-emak naik motor, sen nyala ke kiri tapi beloknya ke kanan, otomatis kamu akan ngepot menghindari. Sudah seperti balapan kan? :D

Belum lagi keadaan jalan disekitaran danau atau sungai yang menanjak, menurun, berbatu, becek dan licin, tetapi harus tetap dilewati karena lokasi mancing yang masih agak jauh, tidak mungkin juga meninggalkan motornya di situ, jadi mau ngga mau motor harus tetap dinaiki di jalan tanah yang becek, berbatu, dan licin, walaupun sambil ngepot kanan ngepot kiri kaki blepotan lumpur, roda tidak berputar karna keganjel tanak liat, apakah kamu sadar kalau secara tidak sengaja kamu sedang melakukan olahraga offroad? :D

Olahraga apalagi ketika sudah sampai di lokasi?

Ketika sudah sampai di lokasi, dan ketika spot mancing yang kamu tongkrongin mulai sepi, pasti ada keinginan untuk pindah lokasi, untuk pindah tentunya kamu harus jalan kaki, berarti secara tidak sengaja juga kamu telah melakukan olahraga jalan kaki.

Ketika mau pindah lokasi, tidak semua tempat juga enak dilewati. Kadang-kadang harus melewati kebun alang-alang. Kita tahu juga bahwa kebun alang-alang itu identik dengan ular dan tikus. Untuk menghindari gigitan ular yang bersarang di kebun alang-alang, maka cara yang tepat untuk melewatinya adalah dengan berlari. karena dengan berlari cepat, maka jika kita melewati ular, ular tidak punya kesempatan untuk menggigit karena pergerakan kaki kita yang cepat. Walaupun kadang suka jatuh nyungsep di alang-alang, :D Sudah tau kan sedang melakukan olahraga apa.

Belum lagi ketika strike ikan besar, karena belum siap dan saking semangatnya, akhirnya kepleset dan kejebur ke air, kalian pasti sudah tahu apa yang akan dilakukan ketika kejebur di air biar tidak tenggelam :D itu juga termasuk olahraga.. walaupun tidak semua orang yang mancing itu kejebur di air.. tapi setidaknya untuk jaga-jaga, pemancing juga harus bisa berenang atau paling tidak ya bisa mengambang di air.

Mungkin itu saja ya alasan saya kalau Memancing itu disebut Olahraga.. mohon maaf kalo ada salah-salah kata. Salam Olahraga Mancing!



































No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...