Merawat Anakan Burung Madu Sogok Ontong, dengan Bantuan Kacamata

Nemu dua anakan Burung Madu Sogok Ontong yang terjatuh dengan sarangnya ketika angin kencang. Karena tidak ada kandang kosong, maka saya letakan anakan burung madu tersebut ke dalam kandang burung pleci /burung kacamata betina, tapi ternyata burung pleci betina tersebut malah memberi makan /menyuapi anakan burung madu tersebut.. akhirnya ya saya biarkan saja di situ.. ringan deh tugas saya, ga perlu repot-repot nyuapin, tinggal taruh UH dan kroto saja :D

SOGOK ONTONG??? :D Siapa Dia?? Sogok Ontong itu burung Pemakan Madu nektar dan ulat daun / serangga-serangga kecil, dikenal dengan nama latin Nectarinia jugularis disebut juga burung kolibri sriganti, yaitu spesies dari keluarga nectariniidae bergenus nectarinia. Biasa ditemukan di kebun atau pekarangan rumah, bertelur sepanjang tahun, dengan jumlah 2 butir setiap kali bertelur.

Penggemar Burcil, wajib coba Cara mudah beternak ulat kandang!

Sarangnya sangat rapi membentuk kantung, bentuk sarangnya hampir mirip buah alpukat tergantung pada dahan/ranting pohon yang tidak terlalu tinggi, kadang juga ditemukan menggantung di ranting pohon bambu. Sarang terbuat dari rumput kering yang halus di anyam rapi, terkadang ada juga yang menggunakan material dari rumah atau bekas jaring laba-laba. Sebagai penghangat di dalamnya sering ditemukan kapas bunga alang-alang, atau bulu. Jika dekat dengan perkampungan kadang di bagian luar sarang ditemukan benang atau kulit kering pohon pisang.

Burung yang hobinya bermain di pohon bunga di pekarangan rumah ini untuk yang jantan memiliki ciri-ciri berparuh runcing panjang dan melengkung ke bawah, pada bagian dada sampai perut dan bawah perut berwarna kuning terang, sementara pada dada bagian atas sampai leher di bawah paruh bercorak black metalik kebiru-biruan. Sedangkan yang betina dari bawah paruh sampai dengan kloaka berwarna kekuning-kuningan. Warna punggung hampir sama, yaitu hijau zaitun. Untuk ciri lain sama antara jantan dan betina yakni memiliki paruh warna hitam berbentuk lancip, panjang dan melengkung, iris mata coklat tua dan kaki hitam.

Suka Pelihara Ikan di Aquarium? coba Pelihara Ikan Gratis dari Got ini, dijamin Keren

Merawat burung madu sriganti atau sogok ontong sama dengan merawat burung kolibri lainnya yakni rutin mengikuti apel pagi berupa ritual Mandi dan jemur ketika sinar matahari masih hangat, setelah di embunkan. Sebagai pengganti nektar dapat menggunakan air gula, madu atau susu kental atau bisa juga minuman khusus kolibri yang banyak dijual di kios-kios burung. Untuk EF bisa diberikan jangkrik ukuran kecil, Kroto, atau Ulat hongkong kecil yang sudah berganti kulit.

Untuk merawat burung jenis ini dari kecil memang agak repot, apalagi jika kita tidak memiliki waktu luang yang cukup, karena harus menyuapi setiap beberapa menit/jam sekali, resiko untuk mati sepertinya lebih besar

Merawat Sogok Ontong dari kecil atau dari lolohan memang lebih menguntungkan, karena disamping burung akan jauh lebih jinak dari pada memelihara dari muda hutan, kicauannya juga akan lebih bagus karena bisa dimaster sejak dini

betewe ini bukan tips ya.. sekedar saran saja :D Jika Anda memiliki atau secara kebetulan dapat anakan dari burung jenis ini, bisa dicoba dengan memanfaatkan jasa burung PLECI / Kacamata Betina untuk membantu kita merawat anakan Sogok Ontong, walaupun saya tidak menjamin 100% work.. tapi bisa saja dicoba siapa tau bisa beruntung seperti saya :)..

Ada kemungkinan pleci betina yang baru sebulanan saya beli dari ombyokan di kios burung, sebelum terjebak dan tertangkap oleh predator penjebak burung, kondisinya sedang bersarang atau memiliki anak, jadi ketika dalam kandang ada anakan burung walaupun bukan dari burung sejenis, ketika anakan tersebut buka mulut minta makan dia mau memberinya makan.

Barangkali ada yang pengin liat burung pleci ku yang sedang memberi makan anakan burung madu sogok ontong, bisa liat dalam tayangan video berikut ini :) thanks ya udah mampir :) jangan lupa bantu subscribe ya..

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...