Trik Hemat dan Praktis Membuat Stopper Pancingan dari Kabel Listrik

Seperti yang kita ketahui, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi Memancing, Stopper sering digunakan oleh para pemancing dan umumnya dipasang dua buah sebagai pembatas bagian atas dan bagian bawah pada pemasangan pelampung, walaupun ada juga yang memasangnya juga untuk pengapit timah/pemberat. Jika kita membeli dari hasil pabrikan umumnya terbuat dari bahan karet, dengan lubang ditengah yang sudah terpasang kawat kecil berkait untuk memudahkan kita memasukan senar. Stopper bagian atas berfungsi untuk mengatur kedalaman kail/umpan, sementara stopper yang dipasang di bagian bawah berfungsi agar pelampung tidak terlalu turun mendekati timah atau kail.

Walaupun harga stopper pabrikan tidak terlalu mahal / masih terjangkau, tapi sah sah saja jika kita ingin berkreasi membuatnya sendiri :). Berikut Trik Hemat dan Praktis Membuat Stopper Pancingan dari Kabel Listrik, bisa dicoba sendiri di rumah :

Tidak perlu ribet menyediakan Alat dan bahan, cukup disediakan saja :

1. Gunting ( sebagai pemotong :) ) 2. Lidi ( sebagai Pengganjel ) 3. Kabel Listrik ( sebagai stopper )

Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih warna kabel listrik yang akan digunakkan sebagai stopper, misalnya pada kabel merk eter** nyyhy 3x1.5 yang berisi 3 kabel, ada kabel warna biru, hitam, dan merah/kuning, boleh pilih yang hitam. Setelah warna terpilih, buang serabut kabelnya dan potong sepanjang 0,5 cm atau sesuai keinginan.

Langkah kedua

Untuk setting satu pancingan siapkan dua buah potongan kabel yang sudah dipotong sesuai keinginan tadi, satu untuk di bagian atas pelampung dan satu lagi di bagian bawah pelampung. Masukan senar ke dalam lubang kabel yang sudah dipotong dan dibuang serabut kabelnya tersebut --> pasang pelampung, kemudian pasang potongan kabel satu lagi, sehingga mengapit pelampung.

Langkah Ketiga

Ambil Lidi dari daun kelapa, Lidi ini berfungsi sebagai pengganjel agar lubang kabel tidak longgar dan tidak mudah bergeser. Caranya ambil bagian ujung yang kecil kemudian masukan ke dalam lubang kabel yang sudah dimasukan senar, tarik lidi sampai mencapai batas seret :D :D jika dirasa sudah seret/keset :D maka segera potong lidi sesuai ukuran kabel yang dijadikan stopper.

Jadilah sudah anda menggunakan stopper sederhana, praktis dan ndeso :D :D Selamat Mencoba!! semoga tertarik dan cocok :)

Jika tidak mempunyai persediaan kabel di rumah, bisa juga membuat stopper pancingan yang jauh lebih praktis dan murah, yakni dari karet gelang, caranya lebih mudah, cukup di ikatkan pada senar di bagian atas atau bawah pelampung :)

Sepertinya agak blepotan saya ngejelasinnya :D Biar lebih jelas caranya, berikut penampakan video cara membuatnya :) selamat menyaksikan!!

No comments:

Cintaku Bersemi di Balik Jeruji Kandang #part 10

Ketika Sogon membuka matanya, ia justru melihat Kacer mulai sadarkan diri, berusaha bangun dan menyandarkan tubuhnya ke rimbunan daun yang t...